Efektivitas pemberian tugas analisis kejadian biologi sehari hari dalam meningkatkan penguasaan konsep biologi kelas 1 SMP negeri 1 Mumbulsari Jember (Studi hasil belajar biologi pokok pola interaksi organisme pada siswa kelas 1 semester genap di SMPN 1 Mumbulsari Jember tahun ajaran 2003/2004)
Abstract
Kegiatan pembelajaran merupakan kegiatan terpenting dari keseluruhan proses
pendidikan. Peningkatan prestasi hasil belajar siswa dipengaruhi oleh banyak
faktor, salah satunya adalah ketrampilan guru menerapkan model pembelajaran
yang cocok uniuk memberikan materinya. Tujuan penelitian untuk mengetahui
peningkatan penguasaan konsep biologi siswa dengan menggunakan analisis
kejadian biologi sehari-hari dan untuk mengetahui manakah yang lebih efektif
pemberian tugas analisis kejadian biologi sehari-hari dalam meningkatkan
penguasaan konsep biologi dibandingkan dengan tanpa menggunakan analisis kejadian biologi sehari-hari. Pcnclitian dilakukan di SMPN I Mumbulsari Jcmbcr.
· penentuan kelas sampel dilakukan uji homogenitas kemudian dilakukan tekhnik
random sampling untuk menentukan kelompok perlakuan dan kelompok kontrol
sehingga diperoleh kelas 1A (kelas yang menggunakan analisis kejadian biologi
sehari -hari) Dan kelas IB (Kelas yang tidak menggunukan analisis kejadian biologi
sehari-hari). Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu teknik observasi dan tcs, Analisis data menggunakan uji t-tes dan uji aktivitas sehinngga diperoleh
t-tes sebesar 3,45 dan t-tabel 1 ,664 sehingga t-tes > t-tabel sedangkan untuk
efektivitasnya sebesar 16,52%. HasiI penelitian ini disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar yang menggunakan analisis
kejadian biologi sehari-hari efektif dibandingkan dengan yang tidak menggunakan analisi kejadian biologi sehari hari.
Collections
Related items
Showing items related by title, author, creator and subject.
-
PENINGKATAN KETERAMPILAN BELAJAR BELAJAR BELAJAR PEMECAHAN PEMECAHAN KETERAMPILAN PEMECAHAN MELALUI MELALUI BELAJAR MELALUI MELALUI PENERAPAN MASALAH MASALAH MASALAH (PBM) (PBM) MASALAH (PBM) MASALAH MASALAH PEMECAHAN MASALAH PENERAPAN PENERAPAN DAN DAN MASALAH DAN PEMBELAJARAN PEMBELAJARAN PENERAPAN PEMBELAJARAN DENGAN DENGAN (PBM) DENGAN PELAJARAN PELAJARAN PELAJARAN HASIL HASIL DAN HASIL PEMBELAJARAN BERBASIS METODE METODE DENGAN METODE BIOLOGI BIOLOGI PELAJARAN BIOLOGI EKSPERIMEN EKSPERIMEN METODE EKSPERIMEN (SISWA (SISWA BIOLOGI (SISWA MUHAMMADIYAH MUHAMMADIYAH MUHAMMADIYAH MUHAMMADIYAH 2 MATERI MATERI MATERI 2 2 HASIL BERBASIS BERBASIS BERBASIS PADA PADA EKSPERIMEN PADA KELAS KELAS (SISWA KELAS X.6 X.6 KELAS X.6 SMA SMA X.6 SMA GENTENG-BANYUWANGI, GENTENG-BANYUWANGI, 2 GENTENG-BANYUWANGI, GENTENG-BANYUWANGI, PENCEMARAN PENCEMARAN MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN LINGKUNGAN PENCEMARAN LINGKUNGAN TAHUN TAHUN TAHUN PELAJARAN PELAJARAN TAHUN PELAJARAN PROGRAM PROGRAM PROGRAM LINGKUNGAN 2012-2013
Lendy Destalia (2013-12-04)Pembelajaran merupakan suatu proses belajar dan mengajar antara siswa dengan guru yang direncanakan untuk mencapai tujuan yang diinginkan. Biologi merupakan bagian dari ilmu pengetahuan alam yang mempelajari segala hal ... -
INVENTARISASI KENDALA GURU BIOLOGI RSBI DAN UPAYA PENYELESAIANNYA DALAM PEMBELAJARAN BIOLOGI SERTA HUBUNGANNYA DENGAN HASIL BELAJAR BIOLOGI DI KABUPATEN JEMBER
Khamilatur Rizqi Masruroh (2014-01-21)Globalisasi dalam bidang perekonomian, kebudayaan, dan komunikasi telah memberikan perubahan dalam berbagai aspek kehidupan secara radikal, tidak terkecuali dalam bidang pendidikan. Pembenahan sistem pendidikan nasional ... -
PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI DENGAN STRATEGI GROUP TO GROUP EXCHANGE PADA SISWA PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI DENGAN STRATEGI GROUP TO GROUP EXCHANGE PADA SISWA PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI DENGAN STRATEGI GROUP TO GROUP EXCHANGE PADA SISWA
Agny Firgia Kasnugrahawati (2013-12-17)Berdasarkan hasil observasi dan wawancara di SMP Negeri 1 Jatiroto, aktivitas belajar siswa tergolong rendah sehingga berdampak pada hasil belajar siswa yang rendah pula. Beberapa faktor yang mempengaruhi hal tersebut ...