PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI DENGAN STRATEGI GROUP TO GROUP EXCHANGE PADA SISWA PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI DENGAN STRATEGI GROUP TO GROUP EXCHANGE PADA SISWA PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI DENGAN STRATEGI GROUP TO GROUP EXCHANGE PADA SISWA
Abstract
Berdasarkan hasil observasi dan wawancara di SMP Negeri 1 Jatiroto,
aktivitas belajar siswa tergolong rendah sehingga berdampak pada hasil belajar siswa
yang rendah pula. Beberapa faktor yang mempengaruhi hal tersebut adalah
pembelajaran yang kurang variatif, penggunaan metode ceramah dan tanya jawab,
dan pembelajaran biologi yang masih menekankan pada konsep-konsep yang ada di
dalam buku paket. Oleh karena itu, diperlukan suatu alternatif untuk meningkatkan
aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata biologi yaitu melalui strategi group to
group exchange
Tujuan dalam penelitian ini adalah:
Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VII E SMP Negeri 1 Jatiroto tahun
ajaran 2011/2012 dengan jumlah 37 siswa yang terdiri atas 18 laki-laki dan 19
perempuan di. Sumber data yaitu guru kelas VII E dan siswa kelas VII E SMP Negeri
1 Jatiroto, referensi, dan dokumentasi. Jenis penelitian adalah PTK dan metode
pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, tes, dan
dokumentasi. Desain penelitian terdiri atas perencanaan, tindakan, observasi dan
refleksi. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif.
Data hasil observasi pada siklus I menunjukkan bahwa aktivitas belajar siswa
secara individu yaitu 84,44% sedangkan secara klasikal yaitu 68,12%. Pada siklus II
aktivitas belajar siswa mengalami peningkatan yaitu secara individu sebesar 90,27%
sedangkan secara klasikal sebesar 79,92%. Pada siklus I hasil belajar siswa secara
individu sebesar 76,99% sedangkan secara klasikal sebesar 73% dan pada siklus II
mengalami peningkatan yaitu secara individu sebesar 85,2% sedangkan secara
klasikal sebesar 89,19%.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah strategi GGE pada mata pelajaran
biologi dengan pokok bahasan pengaruh kepadatan populasi dapat meningkatkan
aktivitas dan hasil belajar siswa kelas VII E SMP Negeri 1 Jatiroto. Saran bagi guru
yaitu sebaiknya guru dapat mengembangkan suatu pembelajaran yang inovatif dan
sekolah hendaknya dapat memberikan dukungan. Bagi peneliti lain, hendaknya dapat
dijadikan sebagai masukan untuk penelitian lebih lanjut.
Collections
Related items
Showing items related by title, author, creator and subject.
-
UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PEMAHAMAN KONSEP TRIGONOMETRI SISWA MELALUI METODE INKUIRI DENGAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION INKUIRI DENGAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION INKUIRI DENGAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION TAHUN AJARAN 2009/2010 TAHUN AJARAN 2009/2010 TAHUN AJARAN 2009/2010
Fatimatuz Zahrok Fatimatuz Zahrok Fatimatuz Zahrok (2014-01-23)Kenyataan yang terjadi di SMA Muhammadiyah 3 Jember terutama kelas X-4 adalah masih banyak siswa yang belum memahami konsep prasyarat dalam matematika, misal yang paling mendasar adalah operasi hitung dan teorema Pythagoras ... -
PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI DENGAN STRATEGI GROUP TO GROUP EXCHANGE PADA SISWA
Agny Firgia Kasnugrahawat (2014-01-23)erdasarkan hasil observasi dan wawancara di SMP Negeri 1 Jatiroto, aktivitas belajar siswa tergolong rendah sehingga berdampak pada hasil belajar siswa yang rendah pula. Beberapa faktor yang mempengaruhi hal tersebut ... -
Evaluasi Penilaian Aset Biologi dan Pengaruhnya Terhadap Laporan Keuangan (Studi Kasus Pada M.P. Evans Group PLC) Evaluation of Biological Assets Valuation and Its Impact on The Financial Statements ( A Case Study on M.P. Evans Group PLC)
WAHYULIA BAHRI, SYEFRICA (UNEJ PRESS, 2015)Penelitian ini membahas tentang IAS 41 Agrikultur utamanya pada akuntansi untuk aktiva biologis Aktiva biologis adalah tanaman dan hewan hidup yang mengalami transformasi biologis. Transformasi biologis terdiri atas proses ...