dc.description.abstract | Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IVB SDN Kebonsari 01 Jember melalui penerapan model pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Teams Achievement Division) Tema Cita-citaku. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus dan setiap siklus terdiri atas 4 tahapan yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IVB SDN Kebonsari 01 Jember tahun ajaran 2015/2016 yang berjumlah 40 siswa terdiri atas 19 siswa laki-laki dan 21 siswi perempuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IVB SDN Kebonsari 01 Jember. Skor rata-rata aktivitas belajar siswa pada prasiklus 61,87 menjadi 71,04 pada siklus 1 kemudian pada siklus 2 menjadi 80,21. Skor rata-rata hasil belajar siswa (penilaian pengetahuan) pada siklus 1 menunjukkan adanya peningkatan dari pra siklus yaitu 64,15 menjadi 78,08 pada siklus 1 kemudian pada siklus 2 menjadi 80,79. Skor rata-rata hasil belajar siswa (penilaian sikap) siswa pada siklus 1 mengalami peningkatan dari pra siklus sebesar 61,25 menjadi 64,58, sedangkan pada siklus 2 menjadi 77,7. Skor rata-rata hasil belajar siswa (penilaian keterampilan) pada siklus I mengalami peningkatan dari pras siklus ke siklus I yaitu 76,87 menjadi 80,15, sedangkan pada siklus 2 menjadi 83,28. | en_US |