• Login
    View Item 
    •   Home
    • STUDENT RESEARCH ARTICLE (Artikel Penelitian Mahasiswa)
    • SRA-Education
    • View Item
    •   Home
    • STUDENT RESEARCH ARTICLE (Artikel Penelitian Mahasiswa)
    • SRA-Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Teams Achievement Division) untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas IVB Tema Cita-citaku di SDN Kebonsari 01 Jember

    Thumbnail
    View/Open
    ENIS ARDIAWATI.odt (272.2Kb)
    Date
    2016
    Author
    Enis Ardiawati
    Imam Muchtar
    Rahayu
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IVB SDN Kebonsari 01 Jember melalui penerapan model pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Teams Achievement Division) Tema Cita-citaku. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam  dua siklus dan setiap siklus terdiri atas 4 tahapan yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IVB SDN Kebonsari 01 Jember tahun ajaran 2015/2016 yang berjumlah 40 siswa terdiri atas 19 siswa laki-laki dan 21 siswi perempuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IVB SDN Kebonsari 01 Jember. Skor rata-rata aktivitas belajar siswa pada prasiklus 61,87 menjadi 71,04 pada siklus 1 kemudian pada siklus 2 menjadi 80,21. Skor rata-rata hasil belajar siswa (penilaian pengetahuan) pada siklus 1 menunjukkan adanya peningkatan dari pra siklus yaitu 64,15 menjadi 78,08 pada siklus 1 kemudian pada siklus 2 menjadi 80,79. Skor rata-rata hasil belajar siswa (penilaian sikap)  siswa pada siklus 1 mengalami peningkatan dari pra siklus sebesar 61,25 menjadi 64,58, sedangkan pada siklus 2 menjadi 77,7. Skor rata-rata hasil belajar siswa (penilaian keterampilan) pada siklus I mengalami peningkatan dari pras siklus ke siklus I yaitu 76,87 menjadi 80,15, sedangkan pada siklus 2 menjadi 83,28.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/74426
    Collections
    • SRA-Education [1352]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository