Show simple item record

dc.contributor.advisorSihono
dc.contributor.advisorChumi Zahroul F.
dc.contributor.authorElsa Mardianita
dc.contributor.authorSihono
dc.contributor.authorChumi Zahroul F.
dc.date.accessioned2016-06-01T07:39:52Z
dc.date.available2016-06-01T07:39:52Z
dc.date.issued2016
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/74419
dc.description.abstractPembelajaran PKn menekankan siswa untuk berpartisipasi aktif, kreatif, dan inovatif dalam pembelajaran. Kurang bervariasinya model pembelajaran menyebabkan aktivitas dan hasil belajar siswa kurang baik. Guru harus mempertimbangkan model pembelajaran yang dapat memudahkan siswa memahami PKn dan mengembangkan pengetahuannya. Oleh karena itu dipilihnya model pembelajaran kooperatif berbantuan talking stick untuk memudahkan siswa dalam mengembangkan pengetahuannya dengan cara diberikan hak, kesempatan untuk berdiskusi dan mengemukakan pendapatnya. Penelitian ini dilaksanakan di kelas V SDN 01 Karangrejo bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dengan penerapan model pembelajaran kooperatif berbantuan talking stick. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian terdiri atas 39 siswa. Pengumpulan data penelitian menggunakan metode observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Pelaksanaan penelitian dengan menggunakan metode diskusi dengan model pembelajaran talking stick. Pelaksanaan model pembelajaran kooperatif berbantuan talking stick adalah sebanyak dua siklus. Siklus I dan siklus II terdiri atas satu pertemuan setiap siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas dan hasil belajar siswa kelas V SDN 01 Karangrejo Banyuwangi meningkat. Aktivitas pada pra siklus semula sebesar 37,17 dengan kriteria kurang, pada tahap siklus I aktivitas belajar siswa masih sebesar 55,38 dengan kategori cukup dan aktivitas belajar siswa pada siklus II meningkat sebesar 71,02 dengan kategori aktif. Sedangkan hasil belajar siswa pada pra siklus sebesar 57,89 dengan kriteria cukup, selanjutnya pada siklus I meningkat menjadi 71,69 dengan kriteria baik, dan pada siklus II meningkat menjadi 81,61 dengan kriteria sangat baik. Jadi, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif berbantuan talking stick dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas V SDN 01 Karangrejo Banyuwangi.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.publisherUNEJen_US
dc.subjectmodel pembelajaran kooperatif berbantuan talking stick, aktivitas belajar, hasil belajaren_US
dc.titlePenerapan Model Pembelajaran Kooperatif Berbantuan Talking Stick Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas V Mata Pelajaran Pkn Pokok Bahasan NKRI di SDN 01 Karangrejo Banyuwangi Tahun Pelajaran 2015/2016en_US
dc.typeArticleen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

  • SRA-Education [1352]
    Koleksi Artikel Hasil Penelitian Mahasiswa S1 Bidang Pendidikan (FKIP)

Show simple item record