• Login
    View Item 
    •   Home
    • STUDENT RESEARCH ARTICLE (Artikel Penelitian Mahasiswa)
    • SRA-Education
    • View Item
    •   Home
    • STUDENT RESEARCH ARTICLE (Artikel Penelitian Mahasiswa)
    • SRA-Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Berbantuan Talking Stick Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas V Mata Pelajaran Pkn Pokok Bahasan NKRI di SDN 01 Karangrejo Banyuwangi Tahun Pelajaran 2015/2016

    Thumbnail
    View/Open
    ELSA MARDIANITA.odt (315.1Kb)
    Date
    2016
    Author
    Elsa Mardianita
    Sihono
    Chumi Zahroul F.
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Pembelajaran PKn menekankan siswa untuk berpartisipasi aktif, kreatif, dan inovatif dalam pembelajaran. Kurang bervariasinya model pembelajaran menyebabkan aktivitas dan hasil belajar siswa kurang baik. Guru harus mempertimbangkan model pembelajaran yang dapat memudahkan siswa memahami PKn dan mengembangkan pengetahuannya. Oleh karena itu dipilihnya model pembelajaran kooperatif berbantuan talking stick untuk memudahkan siswa dalam mengembangkan pengetahuannya dengan cara diberikan hak, kesempatan untuk berdiskusi dan mengemukakan pendapatnya. Penelitian ini dilaksanakan di kelas V SDN 01 Karangrejo bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dengan penerapan model pembelajaran kooperatif berbantuan talking stick. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian terdiri atas 39 siswa. Pengumpulan data penelitian menggunakan metode observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Pelaksanaan penelitian dengan menggunakan metode diskusi dengan model pembelajaran talking stick. Pelaksanaan model pembelajaran kooperatif berbantuan talking stick adalah sebanyak dua siklus. Siklus I dan siklus II terdiri atas satu pertemuan setiap siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas dan hasil belajar siswa kelas V SDN 01 Karangrejo Banyuwangi meningkat. Aktivitas pada pra siklus semula sebesar 37,17 dengan kriteria kurang, pada tahap siklus I aktivitas belajar siswa masih sebesar 55,38 dengan kategori cukup dan aktivitas belajar siswa pada siklus II meningkat sebesar 71,02 dengan kategori aktif. Sedangkan hasil belajar siswa pada pra siklus sebesar 57,89 dengan kriteria cukup, selanjutnya pada siklus I meningkat menjadi 71,69 dengan kriteria baik, dan pada siklus II meningkat menjadi 81,61 dengan kriteria sangat baik. Jadi, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif berbantuan talking stick dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas V SDN 01 Karangrejo Banyuwangi.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/74419
    Collections
    • SRA-Education [1352]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository