Penerapan Pembelajaran Matematika Realistik untuk Meningkatkan Hasil Belajar Materi Komponen Kerucut, Tabung, Prisma Tegak dan Limas Siswa Kelas V SDN Kamal 03 Tahun Ajaran 2015/2016
Abstract
Objek matematika adalah abstrak, sedangkan tingkat berpikir siswa sekolah dasar masih pada tahap operasional konkrit. Berdasarkan penjelasan tersebut dapat diketahui bahwa dalam pembelajaran matematika akan berhasil jika pembelajarannya menggunakan hal-hal yang konkrit atau sesuatu yang dapat dibayangkan oleh siswa. Hasil belajar siswa kelas V SDN Kamal 03 masih rendah. Oleh karena itu, dilakukan penelitian tindakan kelas dengan siswa kelas V sebagai subjek penelitiannya. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus dengan masing-masing siklusnya terdiri dari 2 pertemuan. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode observasi, tes, wawancara dan dokumentasi. Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan hasil belajar materi komponen kerucut, tabung, prisma tegak dan limas siswa kelas V SDN Kamal 03 dengan menerapkan pembelajaran matematika realistik. Berdasarkan hasil penelitian, dapat diketahui bahwa rata-rata skor hasil belajar siswa meningkat dari 63,4 pada siklus I menjadi 67 pada siklus II dan persentase skor aktivitas siswa juga meningkat dari 62,7% pada silus I menjadi 76,3% pada siklus II. Selain itu persentase skor aktivitas guru dalam menerapkan pembelajaran matematika realistik juga mengalami peningkatan dari 71,2% pada siklus I menjadi 84,9% pada siklus II. Dari data tersebut, dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran matematika realistik pada pembelajaran matematika telah berjalan dengan baik dan dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SDN Kamal 03.
Collections
- SRA-Education [1352]