dc.contributor.advisor | Misno A. Lathief | |
dc.contributor.advisor | Khutobah | |
dc.contributor.author | Chusnul Wardani Apriyanti, Misno A. Lathief, Khutobah | |
dc.contributor.author | Chusnul Wardani Apriyanti | |
dc.contributor.author | Misno A. Lathief | |
dc.contributor.author | Khutobah | |
dc.date.accessioned | 2016-05-30T04:09:13Z | |
dc.date.available | 2016-05-30T04:09:13Z | |
dc.date.issued | 2016 | |
dc.identifier.uri | http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/74281 | |
dc.description.abstract | Penelitian dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan membaca anak kelompok B3 di TK Kartika IV/73 Kecamatan Sumbersari Kabupaten Jember. Rumusan masalahnya adalah bagaimanakah peningkatan kemampuan membaca anak kelompok B3 melalui media paper quilling di TK Kartika IV/73 Kecamatan Sumbersari Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2015/2016. Tujuan penelitian adalah meningkatkan kemampuan membaca anak kelompok B3 melalui media paper quilling di TK Kartika IV/73 Kecamatan Sumbersari Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2015/2016. Subjek penelitian ini adalah anak kelompok B3 TK Kartika IV/73 sejumlah 19 anak yang terdiri dari 14 anak laki-laki dan 5 anak perempuan Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian tindakan kelas dilaksanakan sebanyak dua siklus, tiap siklus terdiri dari: perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan yakni observasi, wawancara, tes lisan, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mengalami peningkatan, yakni pada siklus I sebesar 64,80 dan siklus II mencapai 78,95. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa media paper quilling meningkatkan kemampuan membaca anak. | en_US |
dc.language.iso | id | en_US |
dc.publisher | UNEJ | en_US |
dc.subject | media paper quilling, kemmapuan membaca anak, hasil belajar. | en_US |
dc.title | Peningkatan Kemampuan Membaca Anak Kelompok B3 melalui Media Paper Quilling di TK Kartika IV/73 Kecamatan Sumbersari Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2015/2016 | en_US |
dc.type | Article | en_US |