Peningkatan Kemampuan Membaca Anak Kelompok B3 melalui Media Paper Quilling di TK Kartika IV/73 Kecamatan Sumbersari Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2015/2016
View/ Open
Date
2016Author
Chusnul Wardani Apriyanti, Misno A. Lathief, Khutobah
Chusnul Wardani Apriyanti
Misno A. Lathief
Khutobah
Metadata
Show full item recordAbstract
Penelitian dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan membaca anak kelompok B3 di TK Kartika IV/73 Kecamatan Sumbersari Kabupaten Jember. Rumusan masalahnya adalah bagaimanakah peningkatan kemampuan membaca anak kelompok B3 melalui media paper quilling di TK Kartika IV/73 Kecamatan Sumbersari Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2015/2016. Tujuan penelitian adalah meningkatkan kemampuan membaca anak kelompok B3 melalui media paper quilling di TK Kartika IV/73 Kecamatan Sumbersari Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2015/2016. Subjek penelitian ini adalah anak kelompok B3 TK Kartika IV/73 sejumlah 19 anak yang terdiri dari 14 anak laki-laki dan 5 anak perempuan Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian tindakan kelas dilaksanakan sebanyak dua siklus, tiap siklus terdiri dari: perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan yakni observasi, wawancara, tes lisan, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mengalami peningkatan, yakni pada siklus I sebesar 64,80 dan siklus II mencapai 78,95. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa media paper quilling meningkatkan kemampuan membaca anak.
Collections
- SRA-Education [1352]