Show simple item record

dc.contributor.advisorSinggih Bektiarso
dc.contributor.advisorSihono
dc.contributor.authorAmalia Cici Dwi Pratiwi
dc.contributor.authorSinggih Bektiarso
dc.contributor.authorSihono
dc.date.accessioned2016-05-30T03:21:29Z
dc.date.available2016-05-30T03:21:29Z
dc.date.issued2016
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/74253
dc.description.abstractPenelitian ini dilatar belakangi rendahnya aktivitas  dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA siswa kelas IV SDN Prajekan Kidul 02 Bondowoso. Rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa dikarenakan siswa masih kurang terlibat aktif dalam pembelajaran, siswa masih kurang memperhatikan penjelasan guru, siswa masih bemain sendiri saat pembelajaran. Guru juga masih belum melibatkan siswa secara langsung dalam pembelajaran, masih sering berceramah dan siswa masih belum mendapatkan pengalaman langsung saat pembelajaran . Untuk meningkatkan aktivitas dan hasil beljar siswa sebagai salah satu solusi yaitu diterapkan pembelajaran model cooperative learning tipe NHT. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana penerapan pembelajaran model cooperative learning tipe NHT untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPA pada siswa kelas IV SDN Prajekan Kidul 02 Bondowoso tahun pelajaran 2015-2016 ?. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPA melalui penerapan pembelajaran model cooperative learning tipe Numbered Heads Togheter (NHT). Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana penerapan pembelajaran model cooperative learning tipe NHT?. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Prajekan Kidul 02 Bondowoso yang berjumlah 21 siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian tindakan kelas (PTK) ini dilaksanakan sebanyak dua siklus, tiap siklus terdiri dari empat tahapan, yaitu: perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data digunakan teknik observasi, tes, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas siswa mengalami peningkatan. Motivasi belajar meningkat dari siklus I 74,56,% menjadi 85,04% pada siklus II. Meningkatnya aktivitas belajar juga berdampak pada meningkatnya hasil belajar siswa. Hasil belajar siswa pada siklus I diperoleh skor rata-rata 73,52 dan meningkat pada siklus II sebesar 82,85. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran model cooperative learning tipe NHT dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPA.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.publisherUNEJen_US
dc.subjectAktivitas belajar, Hasil belajar, Penerapan Pembelajaran Cooperative Learning Tipe NHT,en_US
dc.titlePenerapan Model Cooperative Learning Tipe NHT untuk Meningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar pada Siswa Kelas IV SDN Prajekan Kidul 02 Bondowoso Tentang Sub Bab Perubahan Wujud Bendaen_US
dc.typeArticleen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

  • SRA-Education [1352]
    Koleksi Artikel Hasil Penelitian Mahasiswa S1 Bidang Pendidikan (FKIP)

Show simple item record