Penerapan Model Cooperative Learning Tipe NHT untuk Meningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar pada Siswa Kelas IV SDN Prajekan Kidul 02 Bondowoso Tentang Sub Bab Perubahan Wujud Benda
View/ Open
Date
2016Author
Amalia Cici Dwi Pratiwi
Singgih Bektiarso
Sihono
Metadata
Show full item recordAbstract
Penelitian ini dilatar belakangi rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA siswa kelas IV SDN Prajekan Kidul 02 Bondowoso. Rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa dikarenakan siswa masih kurang terlibat aktif dalam pembelajaran, siswa masih kurang memperhatikan penjelasan guru, siswa masih bemain sendiri saat pembelajaran. Guru juga masih belum melibatkan siswa secara langsung dalam pembelajaran, masih sering berceramah dan siswa masih belum mendapatkan pengalaman langsung saat pembelajaran . Untuk meningkatkan aktivitas dan hasil beljar siswa sebagai salah satu solusi yaitu diterapkan pembelajaran model cooperative learning tipe NHT. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana penerapan pembelajaran model cooperative learning tipe NHT untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPA pada siswa kelas IV SDN Prajekan Kidul 02 Bondowoso tahun pelajaran 2015-2016 ?. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPA melalui penerapan pembelajaran model cooperative learning tipe Numbered Heads Togheter (NHT). Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana penerapan pembelajaran model cooperative learning tipe NHT?. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Prajekan Kidul 02 Bondowoso yang berjumlah 21 siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian tindakan kelas (PTK) ini dilaksanakan sebanyak dua siklus, tiap siklus terdiri dari empat tahapan, yaitu: perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data digunakan teknik observasi, tes, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas siswa mengalami peningkatan. Motivasi belajar meningkat dari siklus I 74,56,%
menjadi 85,04% pada siklus II. Meningkatnya aktivitas belajar juga berdampak pada meningkatnya hasil belajar siswa. Hasil belajar siswa pada siklus I diperoleh skor rata-rata 73,52 dan meningkat pada siklus II sebesar 82,85. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran model cooperative learning tipe NHT dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPA.
Collections
- SRA-Education [1352]