• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Social and Political Sciences
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Social and Political Sciences
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PERAN IBU DALAM MENGASUH ANAK TUNARUNGU WICARA (Studi Kasus Ibu SW Di Desa Kranjingan Kecamatan Sumbersari Kabupaten Jember)

    Thumbnail
    View/Open
    Prisca Arinda Putri - 100910301014_1.pdf (644.5Kb)
    Date
    2016-01-13
    Author
    Putri, Prisca Arinda
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Tunarungu wicara merupakan istilah yang digunakan untuk anak yang tidak dapat mendengar dan berbicara. Tidak dapat mendengar tersebut dapat dimungkinkan kurang dengar atau tidak mendengar sama sekali. Gangguan mendengar yang dialami anak tunarungu wicara menyebabkan terhambatnya perkembangan pada anak. Keberhasilan dari seorang ibu di Desa Kranjingan Kecamatan Sumbersari Kabupaten Jember didalam mengasuh anak yang Tunarungu Wicara hingga dapat menghantarkan anak yang tunarungu wicara tersebut dapat mandiri didalam kesehariannya serta dapat mampu pula meringankan beban kedua orang tuanya dari segi ekonomi, merupakan ketertarikan tersendiri bagi penulis untuk mengkaji tentang peran ibu dalam mengasuh anak tunarungu wicara (Studi Kasus Ibu SW di Desa Kranjingan Kecamatan Sumbersari Kabupaten Jember). Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis Penelitian Studi Kasus dengan teknik penentuan Informan dengan Purposive Sampling. Metode Analisis yang digunakan dalam Penelitian ini berdasarkan Triangulasi Sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran ibu dalam mengasuh anak dalam hal ini terkait dengan peran ibu dalam mengasuh anak di bidang pendidikan formal yaitu peran ibu sebagai pendamping utama anak, peran ibu dalam mengasuh anak dalam kegiatan beribadah dan keagamaaan yaitu peran ibu sebagai guru, mengajarkan sesuatu yang baru, melatih membimbing, mengarahkan serta memberikan penilaian baik berupa ”reward” dan ”punishment” yang mendidik , peran ibu dalam mengasuh anak dalam pekerjaaan dirumah yaitu peran ibu sebagai guru, peran ibu dalam mengasuh anak dalam penerapan norma atau aturan dirumah yaitu peran ibu sebagai pengatur kehidupan rumah tangga, serta peran ibu dalam mengasuh anak dalam kegiatan viii kemasyarakatan yaitu peran ibu sebagai guru. Hasil analisa yang didapat bahwa mengasuh anak tunarungu wicara lebih baik dan ideal jika ibu menggunakan pola asuh authoritative, pola pengasuhan authoritative ini memberikan kehangatan pada anak disertai dengan ketegasan, Ibu juga memberikan reward dan punishment kepada anak agar anak dapat mandiri dan disiplin dan anak tidak mengulangi kesalahannya lagi.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/71230
    Collections
    • UT-Faculty of Social and Political Sciences [5687]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository