Pembelajaran Volum dan Luas Sisi Bangun Ruang Dengan Metode Ekspositori di Kelas III.D Cawu 1 SLTP Negeri 1 Banyuglugur Kabupaten Situbondo Tahun Pelajaran 2000 - 2001
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah: apa jenis-jenis kesalahan siswa
dalam menyelesaikan soal volum dan luas sisi bangun ruang dengan
menggunakan metode ekspositori. pada siswa ke1.as Ill.D SLTP Negeri 1
Banyuglugur, prosentase jenis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal volum
dan luas sisi bangun ruang dengan menggunakan metode ekspositori pada siswa
kelas lll.D SLTP Negeri 1 Banyuglugur, apa penyebab kesalahan siswa dalam
menyelesaikan soal volum dan luas sisi bangu ruang demgam menggunakan
metode ekspositori pada siswa kelas Ill.D SLTP Negeri 1 Banyuglugur,
bagaimanakah efektifitas pembelajaran remidial dengan menggunakan metode
ekspositori untuk mengatasi kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal volum
dan luas sisi bangun ruang siswa kelas III D SLTP Negeri 1 Banyuglugur.
Tujuan penelitian ini adalah: mengetahui jenis kesalahan siswa dalam
menyelesaikan soal volum dan luas sisi bangun ruang dengan menggunakan
metode ekspositori pada siswa kelas llI.D SLTP Negeri 1 Banyuglugur,
mengetahui prosentase jenis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal volum
dan luas sisi bangun ruang dengan menggunakan metode ekspositori pada siswa
kelas IILD SLTP Negeri 1 Banyuglugur, rnengetahui penyebab kesalahan siswa
dalam menyelesaikan soal volum dan luas sisi bangu ruang demgam
menggunakan metode ekspositori pada siswa kelas Ill.D SLTP Negeri 1.
Banyuglugur, mengetahui efektifitas pembelajaran remidial dengan menggunakan
metode ekspositori untuk mengatasi kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal
volum dan luas sisi bangun ruang siswa kelas III D SLTP Negeri 1 Banyuglugur.
Tindakan penelitian pada siklus 1 adalah pengajaran ulang konsep volum
dan luas sisi bangun ruang dengan menggunakan metode ekspositori dan metode
tanya jawab. Setelah dilakukan tes temyata prosentase ketuntasan belajar siswa
secara klasikal mencapai 83%. Untuk itu dilakukan wawancara kepada beberapa
siswa untuk mengetahui jenis kesalahan yang dilakukannya.
Tindakan penelitian pada siklus 2 adalah pengajaran ulang konsep volum
dan luas sisi bangun ruang dengan menggunakan metode ekspositori, metode
tanya jawab dan menekankan pada latihan soal. Setelah dilakukan tes temyata
prosentase ketuntasan belajar siswa secara klasikal mencapai 94%.
Jenis kesalaban siswa kelas Ill.D SLTP Negeri 1 Banyuglugur dalam
menyelesaikan soal volum dan luas sisi bangun ruang adalah: kesalahan teorema,
kesalahan penggunaan data dan kesalahan teknik.