• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENGEMBANGAN INSTRUMEN PEMECAHAN MASALAH SOAL CERITA SISTEM PERSAMAAN LINIER DUA VARIABEL BERDASARKAN MODEL POLYA DAN PENSKORANNYA UNTUK SISWA SMP

    Thumbnail
    View/Open
    Masrurotul Faizah_1.pdf (436.7Kb)
    Date
    2013-12-10
    Author
    Masrurotul Faizah
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Pesatnya perkembangan zaman dalam era globalisasi menuntut setiap manusia untuk siap menghadapi persaingan dengan manusia lain. Untuk dapat bersaing dan dapat bertahan maka setiap orang harus memiliki kualitas diri yang baik. Salah satu bentuk upaya meningkatkan kualitas diri adalah melalui pendidikan. Hal tersebut disebabkan karena pendidikan merupakan salah satu upaya dalam meningkatkan sumber daya manusia. Matematika merupakan bahasa, artinya matematika tidak hanya sekedar alat bantu berpikir, alat untuk menemukan pola, tetapi matematika juga sebagai wahana komunikasi antar siswa dan komunikasi antara guru dengan siswa. Model Polya merupakan model penyelesaian pemecahan masalah yang menarik, yang dapat memudahkan siswa dalam memahami dan menyelesiakan soal cerita, Karena tahap-tahap dalam pemecahan masalah model Polya ini tersusun dengan runtut. Menyelesaikan atau memecahkan masalah menurut (dalam Hobri, 2009:42) adalah mencari suatu tindakan yang sesuai secara sadar untuk mencapai tujuan yang memang tidak dapat diperoleh secara langsung konsep yang diperlukan dan relevan, mencari generalisasi, merumuskan rencana penyelesaian, dan mengorganisasikan keterampilan yang telah dimiliki sebelumnya. Pengembangan instrumen ini adalah penelitian pengembangan yang bertujuan untuk menganalisis proses dan hasil pengembangan instrumen pemecahan masalah soal cerita sistem persamaan linier dua variabel berdasarkan model Polya dan penskorannya untuk siswa SMP. Instrumen ini disusun berdasarkan indikator langkah-langkah yang harus dicapai dalam memahami dan menyelesaikan soal cerita dan penskorannya. Ujicoba dilakukan di SMP Negeri 1 Candipuro kelas VIIIB dan MTs. Nurul Ihsan kelas VIIIA yang berjumlah 10 siswa dari masing-masing sekolah serta 3 orang guru mata pelajaran matematika. Penelitian pengembangan ini menggunakan metode Thiagarajan, Semmel dan Semmel yang terdiri dari 4 tahap. Tahap yang pertama adalah tahap pendefinisian yaitu menetapkan dan mendefinisikan kebutuhan-kebutuhan pembelajaran dengan menganalisis tujuan dan batasan materi. Dilanjutkan dengan tahap perancangan yakni merancang semua aspek yang diperlukan untuk pengembangan instrumen mulai dari merancang dan membuat kisi-kisi instrumen, merancang lembar validasi, angket dan soal tes. Tahap berikutnya adalah tahap pengembangan, pada tahap ini kegiatan yang dilakukan adalah penilaian para ahli dibidang matematika dan ujicoba. Para ahli dalam penelitian ini adalah dua orang dosen pendidikan matematika Universitas Jember dan guru bidang studi matematika di sekolah terkait. Validasi instrumen dilakukan oleh 3 validator (ahli) terhadap instrumen pemecahan masalah soal cerita sistem persamaan linier dua variabel berdasarkan model Polya dan penskorannya. Tahap selanjutnya yaitu tahap diseminasi, dalam penelitian ini yaitu peyebaran instrumen pembelajaran tidak dilakukan. Hasil validasi berupa koefisien validitas instrumen. Koefisien validitas pada instrumen pemecahan masalah soal cerita sistem persamaan linier dua variabel berdasarkan model Polya sebesar 0,8049 dan koefisien validitas pada instrumen penskorannya sebesar 0,83. Persentase kepraktisan pada instrumen pemecahan masalah soal cerita sistem persamaan linier dua variabel berdasarkan model Polya dan penskorannya masing-masing sebesar 100%. Persentase keefektifan penerapan langkah menyelesaikan soal cerita sistem persamaan linier dua variabel, soal nomor 1, 2, dan 3 berturut-turut adalah 84,4% ; 86,9% ; 87,5%. Persentase pemberian skor pada instrumen penskoran menyelesaikan soal cerita sistem persamaan linier dua variabel, soal nomor 1, 2, dan 3 berturut-turut adalah 84,4% ; 86,9% ; 87,5%. Prototipe akhir yang didapat dari penelitian pengembangan ini adalah instrumen pemecahan masalah soal cerita sistem persamaan linier dua variabel dan penskorannya yang telah memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/6973
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15281]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository