Show simple item record

dc.contributor.authorMasrurotul Faizah
dc.date.accessioned2013-12-10T00:41:44Z
dc.date.available2013-12-10T00:41:44Z
dc.date.issued2013-12-10
dc.identifier.nimNIM070210191128
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/6973
dc.description.abstractPesatnya perkembangan zaman dalam era globalisasi menuntut setiap manusia untuk siap menghadapi persaingan dengan manusia lain. Untuk dapat bersaing dan dapat bertahan maka setiap orang harus memiliki kualitas diri yang baik. Salah satu bentuk upaya meningkatkan kualitas diri adalah melalui pendidikan. Hal tersebut disebabkan karena pendidikan merupakan salah satu upaya dalam meningkatkan sumber daya manusia. Matematika merupakan bahasa, artinya matematika tidak hanya sekedar alat bantu berpikir, alat untuk menemukan pola, tetapi matematika juga sebagai wahana komunikasi antar siswa dan komunikasi antara guru dengan siswa. Model Polya merupakan model penyelesaian pemecahan masalah yang menarik, yang dapat memudahkan siswa dalam memahami dan menyelesiakan soal cerita, Karena tahap-tahap dalam pemecahan masalah model Polya ini tersusun dengan runtut. Menyelesaikan atau memecahkan masalah menurut (dalam Hobri, 2009:42) adalah mencari suatu tindakan yang sesuai secara sadar untuk mencapai tujuan yang memang tidak dapat diperoleh secara langsung konsep yang diperlukan dan relevan, mencari generalisasi, merumuskan rencana penyelesaian, dan mengorganisasikan keterampilan yang telah dimiliki sebelumnya. Pengembangan instrumen ini adalah penelitian pengembangan yang bertujuan untuk menganalisis proses dan hasil pengembangan instrumen pemecahan masalah soal cerita sistem persamaan linier dua variabel berdasarkan model Polya dan penskorannya untuk siswa SMP. Instrumen ini disusun berdasarkan indikator langkah-langkah yang harus dicapai dalam memahami dan menyelesaikan soal cerita dan penskorannya. Ujicoba dilakukan di SMP Negeri 1 Candipuro kelas VIIIB dan MTs. Nurul Ihsan kelas VIIIA yang berjumlah 10 siswa dari masing-masing sekolah serta 3 orang guru mata pelajaran matematika. Penelitian pengembangan ini menggunakan metode Thiagarajan, Semmel dan Semmel yang terdiri dari 4 tahap. Tahap yang pertama adalah tahap pendefinisian yaitu menetapkan dan mendefinisikan kebutuhan-kebutuhan pembelajaran dengan menganalisis tujuan dan batasan materi. Dilanjutkan dengan tahap perancangan yakni merancang semua aspek yang diperlukan untuk pengembangan instrumen mulai dari merancang dan membuat kisi-kisi instrumen, merancang lembar validasi, angket dan soal tes. Tahap berikutnya adalah tahap pengembangan, pada tahap ini kegiatan yang dilakukan adalah penilaian para ahli dibidang matematika dan ujicoba. Para ahli dalam penelitian ini adalah dua orang dosen pendidikan matematika Universitas Jember dan guru bidang studi matematika di sekolah terkait. Validasi instrumen dilakukan oleh 3 validator (ahli) terhadap instrumen pemecahan masalah soal cerita sistem persamaan linier dua variabel berdasarkan model Polya dan penskorannya. Tahap selanjutnya yaitu tahap diseminasi, dalam penelitian ini yaitu peyebaran instrumen pembelajaran tidak dilakukan. Hasil validasi berupa koefisien validitas instrumen. Koefisien validitas pada instrumen pemecahan masalah soal cerita sistem persamaan linier dua variabel berdasarkan model Polya sebesar 0,8049 dan koefisien validitas pada instrumen penskorannya sebesar 0,83. Persentase kepraktisan pada instrumen pemecahan masalah soal cerita sistem persamaan linier dua variabel berdasarkan model Polya dan penskorannya masing-masing sebesar 100%. Persentase keefektifan penerapan langkah menyelesaikan soal cerita sistem persamaan linier dua variabel, soal nomor 1, 2, dan 3 berturut-turut adalah 84,4% ; 86,9% ; 87,5%. Persentase pemberian skor pada instrumen penskoran menyelesaikan soal cerita sistem persamaan linier dua variabel, soal nomor 1, 2, dan 3 berturut-turut adalah 84,4% ; 86,9% ; 87,5%. Prototipe akhir yang didapat dari penelitian pengembangan ini adalah instrumen pemecahan masalah soal cerita sistem persamaan linier dua variabel dan penskorannya yang telah memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries070210191128;
dc.subjectPENGEMBANGAN INSTRUMEN, PERSAMAAN LINIER DUA VARIABELen_US
dc.titlePENGEMBANGAN INSTRUMEN PEMECAHAN MASALAH SOAL CERITA SISTEM PERSAMAAN LINIER DUA VARIABEL BERDASARKAN MODEL POLYA DAN PENSKORANNYA UNTUK SISWA SMPen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record