Show simple item record

dc.contributor.advisorPujiastuti
dc.contributor.advisorWALUYO, Joko
dc.contributor.authorDEWI, Ratna Shinta
dc.contributor.authorWALUYO, Joko
dc.contributor.authorPujiastuti
dc.date.accessioned2015-12-23T01:20:36Z
dc.date.available2015-12-23T01:20:36Z
dc.date.issued2015
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/68520
dc.description.abstractHasil observasi awal menunjukkan bahwa pembelajaran di kelas guru menggunakan metode konvensional yaitu ceramah. Metode ini menjadikan guru sebagai pusat pembelajaran sehingga siswa cenderung hanya mendengarkan tanpa adanya stimulus yang mendorong interaksi antar siswa dalam proses pembelajaran. Model pembelajaran yang mampu mendorong siswa untuk berinteraksi dan aktif melakukan investigasi terhadap suatu topik serta dapat membentuk siswa untuk bekerja sama adalah model GI (Group Investigation) dengan media game puzzle. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak dua siklus dan masing-masing siklus terdiri dari dua pertemuan. Tujuan dari penelitian ini untuk meningkatkan kemampuan akademik skill dan hasil belajar biologi siswa menggunakan Pembelajaran Kooperatitif Model GI (Group Investigation) yang dilengkapi media game puzzle pada materi pokok bahasan Kingdom Fungi (Jamur) kelas X di SMA Negeri 1 Pakusari, Jember. Dalam penelitian ini analisis data yang dilakukan menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Data yang dianalisis pada penelitian ini antara lain kemampuan akademik skill dan hasil belajar Biologi yang diperoleh dari hasil pembelajaran melalui penerapan GI (Group Investigation) dengan media game puzzle. Penilaian meliputi penilaian kemampuan akademik skill siswa, hasil belajar ranah kognitif, psikomotorik, dan afektif. Hasil analisis menunjukkan bahwa penerapan model GI (Group Investigation) dapat meningkatkan academic skill dan hasil belajar siswa. Pada kecakapan academic skill untuk mengidentifikasi variabel mencapai nilai 83,33, menghubungkan variabel 78,66, mengajukan variabel 82,33, merancang percobaan 83,33, dan menarik kesimpulan 66,66. Hasil belajar ranah kognitif juga mengalami peningkatan dari rerata nilai 61,9 pada pra siklus mencapai nilai 70,89 pada siklus I dan 80,81 pada siklus II.en_US
dc.language.isoIDen_US
dc.publisherUNEJen_US
dc.subjectGI (Group Investigation),en_US
dc.subjectGAME PUZZELen_US
dc.subjectACADEMIK SKILLen_US
dc.subjectHASIL BELAJARen_US
dc.titlePenerapan Pembelajaran Kooperatif Model GI (Group Investigation) dengan Mediaen_US
dc.typeArticleen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

  • SRA-Education [1352]
    Koleksi Artikel Hasil Penelitian Mahasiswa S1 Bidang Pendidikan (FKIP)

Show simple item record