• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DENGAN ASSESSMENT TIPE SOAL OPEN ENDED DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN PEMECAHAN MASALAH DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI (Siswa Kelas X2 SMA Negeri 1 Pesanggaran Banyuwangi)

    Thumbnail
    View/Open
    Febry Dwi Yunandasari - 110210103075.pdf (1.993Mb)
    Date
    2015-12-07
    Author
    Yunandasari, Febry Dwi
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Dunia pendidikan saat ini telah menjadi sorotan utama bagi pemerintah untuk dapat meningkatkan kecerdasan generasi muda bangsa Indonesia. Pendidikan merupakan suatu tindakan yang memungkinkan terjadinya belajar dan perkembangan. Pendidikan yang berkualitas tidak terlepas dari proses belajar mengajar sebagai kegiatan utama di sekolah. Keberhasilan proses dan hasil pembelajaran di kelas dipengaruhi oleh beberapa faktor salah satunya adalah guru. Guru mempunyai fungsi antara lain sebagai perencana pembelajaran, pengelola pembelajaran, penilai hasil belajar dan sebagai motivator. Salah satu usaha guru dalam meningkatkan capaian hasil belajar siswa yaitu dengan menerapkan pembelajaran yang inovatif. Pembelajaran inovatif dapat dicapai apabila guru menggunakan model dan metodemetode pembelajaran yang memacu keterampilan siswa baik dalam ranah kognitif, afektif maupun psikomotor. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: adakah peningkatan keterampilan pemecahan masalah siswa dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran biologi menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan assessment tipe soal open ended di kelas X2 SMA Negeri 1 Pesanggaran tahun pelajaran 2014/2015?. Penelitian ini bertujuan untuk: mengetahui peningkatan keterampilan pemecahan masalah dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran biologi menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan assessment tipe soal open ended di kelas X2 SMA Negeri 1 Pesanggaran tahun pelajaran 2014/2015. Jenis penelitian ini yaitu penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan model siklus Hopskin yang berbentuk spiral. Rancangan penelitian tindakan kelas berbentuk spiral dari siklus yang satu ke siklus berikutnya. Tahapan satu siklus meliputi: perencanaan (planning), tindakan (action), pengamatan (observation), dan refleksi (reflection). Tahapan pada siklus berikutnya adalah perencanaan yang sudah direvisi, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Demikian untuk siklus berikutnya sampai peningkatan yang diharapkan tercapai. Penelitian ini dilakukan 2 siklus, tiap siklus terdiri dari 3 kali pertemuan, yakni 2 pertemuan untuk tatap muka dan 1 kali pertemuan untuk ulangan harian akhir siklus. jika pada siklus I hasil belajar biologi siswa tuntas, maka siklus II akan tetap dilaksanakan sebagai bahan refleksi untuk mengetahui peningkatan keterampilan pemecahan masalah dan hasil belajar siswa. Rancangan pembelajaran yang diterapkan pada dasarnya hampir sama namun sudah ada perbaikan dari siklus sebelumnya. Hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat peningkatan keterampilan pemecahan masalah siswa dalam pembelajaran biologi dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan assessment tipe soal open ended di kelas X2 SMA Negeri 1 Pesanggaran pada pokok bahasan pencemaran lingkungan. Keterampilan pemecahan masalah siswa pada prasiklus sampai siklus 2 terjadi peningkatan. Rata-rata pada prasiklus sebesar 80 ± 0, siklus 1 sebesar 82,22 ± 4,40, dan siklus 2 sebesar 87,14 ± 8,09. Sedangkan untuk persentase keterampilan pemecahan masalah pada prasiklus sebesar 11,11%, selanjutnya pada siklus 1 meningkat menjadi 25%, selanjutnya pada siklus 2 persentase keterampilan pemecahan masalah meningkat menjadi 77,77%. Hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan baik aspek kognitif maupun afektif dalam pembelajaran biologi dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan assessment tipe soal open ended. Pada aspek kognitif, dari prasiklus sebesar 13,88% mengalami peningkatan sebesar 58,34% menjadi 72,22% pada siklus 1, selanjutnya dari siklus 1 ke siklus 2 mengalami peningkatan sebesar 22,22% menjadi 94,44%. Pada aspek afektif dari siklus 1 sebesar 69,9% meningkat menjadi 87,9%.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/67011
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15462]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository