• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA KOKAMI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV DI SDN PANTI 01 JEMBER

    Thumbnail
    View/Open
    M. Khusnul Hidayah - 110210204021.pdf (2.747Mb)
    Date
    2015-12-07
    Author
    Hidayatulloh, M. Khusnul
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Markaban, (2006:3-4) menyatakan bahwa pembelajaran IPA harus mampu mengaktifkan siswa selama proses pembelajaran berlangsung dan mengurangi kecenderungan guru untuk mendominasi proses pembelajaran, sehingga ada perubahan dalam hal IPA yaitu pembelajaran yang berpusat pada guru sudah sewajarnya diubah menjadi berpusat pada siswa. Situasi belajar yang diharapkan adalah siswa lebih banyak berperan aktif dalam proses belajar di dalam kelas. Keterlibatan siswa secara aktif amat dipentingkan dalam kegiatan pembelajaran. Semakin baik model pembelajaran yang dipakai, semakin efektif pula pencapaian tujuan dari proses pembelajaran. Menciptakan pembelajaran yang efektif dan menyenangkan dengan pendekatan pembelajaran yang baik juga dibutuhkan aspek lain yaitu sumber belajar. Oleh karena itu dibutuhkan suatu media pembelajaran yang merupakan bagian dari sumber belajar, dimana media pembelajaran bermanfaat untuk melengkapi, memelihara dan bahkan meningkatkan kualitas dalam proses pembelajaran. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah adakah pengaruh penggunaan media kokami terhadap hasil belajar siswa kelas IV di SDN Panti 01 Jember?. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh penggunaan media kokami terhadap hasil belajar siswa kelas IV di SDN Panti 01 Jember. Penelitian ini dilakukan di SDN Panti 01 Jember dengan menggunakan desain penelitian eksperimen. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV-A dan IV-B SDN Panti 01 Jember. Sebelum menentukan kelas eksperimen dan kelas kontrol, maka dilakukan uji homogenitas terhadap populasi untuk menentukan ada tidaknya homogen pada populasi. Hasil perhitungan uji homogenitas menunjukkan harga 𝑡0 = 0,675, kemudian harga 𝑡0 tersebut dibandingkan dengan harga 𝑡𝑡𝑎𝑏𝑒𝑙 dengan 𝑑𝑏 = 48 pada taraf signifikansi 5%. Nilai 𝑡𝑡𝑎𝑏𝑒𝑙 dengan 𝑑𝑏 = 48 memiliki harga 2,011. Hasil tersebut membuktikan bahwa 𝑡0 < 𝑡𝑡𝑎𝑏𝑒𝑙 yang berarti kemampuan awal siswa sebelum diberi perlakuan adalah homogen. Selanjutnya menentukan kelas eksperimen dan kelas kontrol, yaitu kelas IV-A sebagai kelas kontrol dan kelas IV-B sebagai kelas eksperimen. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode tes yang merupakan data utama dalam penelitian ini. Skor tes siswa berupa nilai hasil pre-test dan post-test yang dianalisis dengan menggunakan rumus uji-t. Hasil perhitungan dengan rumus uji-t diperoleh 𝑡ℎ𝑖𝑡𝑢𝑛𝑔 = 3,329, harga ini kemudian dibandingkan dengan 𝑡𝑡𝑎𝑏𝑒𝑙 dengan db = 48 pada taraf signifikansi 5% sehingga diperoleh𝑡𝑡𝑎𝑏𝑒𝑙 = 2,011. Diperoleh 𝑡ℎ𝑖𝑡𝑢𝑛𝑔 > 𝑡𝑡𝑎𝑏𝑒𝑙 (3,329 > 2,011), dengan demikian hipotesis nihil (𝐻0) yang berbunyi tidak ada pengaruh yang signifikan tentang penerapan media kokami tehadap hasil belajar siswa kelas IV SDN Panti 01 Jember ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) yang berbunyi ada pengaruh yang signifikan tentang penerapan media kokami tehadap hasil belajar siswa kelas IV SDN Panti 01 Jember diterima. Berdasarkan hasil analisis tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh media kokami terhadap hasil belajar siswa kelas IV SDN Panti 01 Jember.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/66919
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15446]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository