PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA KOKAMI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV DI SDN PANTI 01 JEMBER
Abstract
Markaban, (2006:3-4) menyatakan bahwa pembelajaran IPA harus mampu
mengaktifkan siswa selama proses pembelajaran berlangsung dan mengurangi
kecenderungan guru untuk mendominasi proses pembelajaran, sehingga ada
perubahan dalam hal IPA yaitu pembelajaran yang berpusat pada guru sudah
sewajarnya diubah menjadi berpusat pada siswa. Situasi belajar yang diharapkan
adalah siswa lebih banyak berperan aktif dalam proses belajar di dalam kelas.
Keterlibatan siswa secara aktif amat dipentingkan dalam kegiatan pembelajaran.
Semakin baik model pembelajaran yang dipakai, semakin efektif pula pencapaian
tujuan dari proses pembelajaran. Menciptakan pembelajaran yang efektif dan
menyenangkan dengan pendekatan pembelajaran yang baik juga dibutuhkan aspek
lain yaitu sumber belajar. Oleh karena itu dibutuhkan suatu media pembelajaran yang
merupakan bagian dari sumber belajar, dimana media pembelajaran bermanfaat
untuk melengkapi, memelihara dan bahkan meningkatkan kualitas dalam proses
pembelajaran.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah adakah pengaruh penggunaan
media kokami terhadap hasil belajar siswa kelas IV di SDN Panti 01 Jember?.
Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh
penggunaan media kokami terhadap hasil belajar siswa kelas IV di SDN Panti 01
Jember.
Penelitian ini dilakukan di SDN Panti 01 Jember dengan menggunakan
desain penelitian eksperimen. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas
IV-A dan IV-B SDN Panti 01 Jember. Sebelum menentukan kelas eksperimen dan
kelas kontrol, maka dilakukan uji homogenitas terhadap populasi untuk menentukan
ada tidaknya homogen pada populasi. Hasil perhitungan uji homogenitas
menunjukkan harga 𝑡0 = 0,675, kemudian harga 𝑡0 tersebut dibandingkan dengan
harga 𝑡𝑡𝑎𝑏𝑒𝑙 dengan 𝑑𝑏 = 48 pada taraf signifikansi 5%. Nilai 𝑡𝑡𝑎𝑏𝑒𝑙 dengan 𝑑𝑏 = 48
memiliki harga 2,011. Hasil tersebut membuktikan bahwa 𝑡0 < 𝑡𝑡𝑎𝑏𝑒𝑙 yang berarti
kemampuan awal siswa sebelum diberi perlakuan adalah homogen. Selanjutnya
menentukan kelas eksperimen dan kelas kontrol, yaitu kelas IV-A sebagai kelas
kontrol dan kelas IV-B sebagai kelas eksperimen.
Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode tes yang
merupakan data utama dalam penelitian ini. Skor tes siswa berupa nilai hasil pre-test
dan post-test yang dianalisis dengan menggunakan rumus uji-t. Hasil perhitungan
dengan rumus uji-t diperoleh 𝑡ℎ𝑖𝑡𝑢𝑛𝑔 = 3,329, harga ini kemudian dibandingkan
dengan 𝑡𝑡𝑎𝑏𝑒𝑙 dengan db = 48 pada taraf signifikansi 5% sehingga diperoleh𝑡𝑡𝑎𝑏𝑒𝑙 =
2,011. Diperoleh 𝑡ℎ𝑖𝑡𝑢𝑛𝑔 > 𝑡𝑡𝑎𝑏𝑒𝑙 (3,329 > 2,011), dengan demikian hipotesis nihil
(𝐻0) yang berbunyi tidak ada pengaruh yang signifikan tentang penerapan media
kokami tehadap hasil belajar siswa kelas IV SDN Panti 01 Jember ditolak dan
hipotesis alternatif (Ha) yang berbunyi ada pengaruh yang signifikan tentang
penerapan media kokami tehadap hasil belajar siswa kelas IV SDN Panti 01 Jember
diterima.
Berdasarkan hasil analisis tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa ada
pengaruh media kokami terhadap hasil belajar siswa kelas IV SDN Panti 01 Jember.