Show simple item record

dc.contributor.advisorNuriman
dc.contributor.advisorMutrofin
dc.contributor.authorHidayatulloh, M. Khusnul
dc.date.accessioned2015-12-07T07:29:55Z
dc.date.available2015-12-07T07:29:55Z
dc.date.issued2015-12-07
dc.identifier.nim110210204021
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/66919
dc.description.abstractMarkaban, (2006:3-4) menyatakan bahwa pembelajaran IPA harus mampu mengaktifkan siswa selama proses pembelajaran berlangsung dan mengurangi kecenderungan guru untuk mendominasi proses pembelajaran, sehingga ada perubahan dalam hal IPA yaitu pembelajaran yang berpusat pada guru sudah sewajarnya diubah menjadi berpusat pada siswa. Situasi belajar yang diharapkan adalah siswa lebih banyak berperan aktif dalam proses belajar di dalam kelas. Keterlibatan siswa secara aktif amat dipentingkan dalam kegiatan pembelajaran. Semakin baik model pembelajaran yang dipakai, semakin efektif pula pencapaian tujuan dari proses pembelajaran. Menciptakan pembelajaran yang efektif dan menyenangkan dengan pendekatan pembelajaran yang baik juga dibutuhkan aspek lain yaitu sumber belajar. Oleh karena itu dibutuhkan suatu media pembelajaran yang merupakan bagian dari sumber belajar, dimana media pembelajaran bermanfaat untuk melengkapi, memelihara dan bahkan meningkatkan kualitas dalam proses pembelajaran. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah adakah pengaruh penggunaan media kokami terhadap hasil belajar siswa kelas IV di SDN Panti 01 Jember?. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh penggunaan media kokami terhadap hasil belajar siswa kelas IV di SDN Panti 01 Jember. Penelitian ini dilakukan di SDN Panti 01 Jember dengan menggunakan desain penelitian eksperimen. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV-A dan IV-B SDN Panti 01 Jember. Sebelum menentukan kelas eksperimen dan kelas kontrol, maka dilakukan uji homogenitas terhadap populasi untuk menentukan ada tidaknya homogen pada populasi. Hasil perhitungan uji homogenitas menunjukkan harga 𝑡0 = 0,675, kemudian harga 𝑡0 tersebut dibandingkan dengan harga 𝑡𝑡𝑎𝑏𝑒𝑙 dengan 𝑑𝑏 = 48 pada taraf signifikansi 5%. Nilai 𝑡𝑡𝑎𝑏𝑒𝑙 dengan 𝑑𝑏 = 48 memiliki harga 2,011. Hasil tersebut membuktikan bahwa 𝑡0 < 𝑡𝑡𝑎𝑏𝑒𝑙 yang berarti kemampuan awal siswa sebelum diberi perlakuan adalah homogen. Selanjutnya menentukan kelas eksperimen dan kelas kontrol, yaitu kelas IV-A sebagai kelas kontrol dan kelas IV-B sebagai kelas eksperimen. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode tes yang merupakan data utama dalam penelitian ini. Skor tes siswa berupa nilai hasil pre-test dan post-test yang dianalisis dengan menggunakan rumus uji-t. Hasil perhitungan dengan rumus uji-t diperoleh 𝑡ℎ𝑖𝑡𝑢𝑛𝑔 = 3,329, harga ini kemudian dibandingkan dengan 𝑡𝑡𝑎𝑏𝑒𝑙 dengan db = 48 pada taraf signifikansi 5% sehingga diperoleh𝑡𝑡𝑎𝑏𝑒𝑙 = 2,011. Diperoleh 𝑡ℎ𝑖𝑡𝑢𝑛𝑔 > 𝑡𝑡𝑎𝑏𝑒𝑙 (3,329 > 2,011), dengan demikian hipotesis nihil (𝐻0) yang berbunyi tidak ada pengaruh yang signifikan tentang penerapan media kokami tehadap hasil belajar siswa kelas IV SDN Panti 01 Jember ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) yang berbunyi ada pengaruh yang signifikan tentang penerapan media kokami tehadap hasil belajar siswa kelas IV SDN Panti 01 Jember diterima. Berdasarkan hasil analisis tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh media kokami terhadap hasil belajar siswa kelas IV SDN Panti 01 Jember.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.subjectMedia Kokamien_US
dc.titlePENGARUH PENGGUNAAN MEDIA KOKAMI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV DI SDN PANTI 01 JEMBERen_US
dc.typeUndergraduat Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record