| dc.description.abstract | Penelitian    dengan   judul   "Analisis    Pengaruh    Biaya   Periklanan,   Biaya Personal  Selling  dan  Biaya  Promosi  Penjualan  Terhadap   Volume  Penjualan   Pada UD   Jaya   Abadi   Motor   Jember    dilakukan    dengan   tujuan    untuk   mengetahui besamya  pengaruh  variabel-variabel    prornosi  yang dilaksanakan  perusahaan berpengaruh    terhadap    volume   penjualan   baik   secara   simultan   maupun   secara parsial,    serta    untuk    mengetahui     variabel    Promotional   Mix   yang    memiliki pengaruh   paling   dominan   terhadap     volume   penjualan,    dengan   periode   waktu analisis   tahun  1999   sampai   dengan  tahun 20002.
Penelitian      menggunakan      data    volume     penjualan     sebagai     variabel dependent  dan  biaya   periklanan,    biaya   personal    selling    dan   biaya   promosi penjualan   sebagai  variabel   independent. Sedangkan   metode   analisis   data   yang digunakan  adalah  analisis  Regresi  Linear  Berganda.
Hasil  analisis  data  menunjukkan  bahwa  biaya  periklanan,   biaya  personal selling dan biaya promosi  penjualan  berpengaruh   secara  simultan  terhadap  volume penjualan    sepeda  motor  honda  astrea  supra  pada UD.  Jaya  Abadi  Motor  Jember, besamya  pengaruh     biaya  periklanan,   biaya  personal   selling  dan  biaya  promosi penjualan   terhadap   volume   penjualan   dapat  diketahui   dari  nilai  R  square yaitu sebesar   0,986.    hal   ini berarti   bahwa   98,6   %  volume   penjualan   sepeda   motor Honda Astrea Supra pada UD. Jaya Abadi Motor Jember dipengaruhi  oleh biaya periklanan, biaya personal selling dan biaya promosi penjualan  yang telah telah dikeluarkan   oleh  perusahaan,   sedangkan   1,4   %  dipengaruhi   oleh  vatiabel   lain. Pengaruh  secara  simultan  ini dapat  diketahui  dengan  F hitung > F label  yaitu  (183,073> 4,07)  dengan  tingkat   significant  0,000   pada  level   5%  membuktikan  bahwa variabel   biaya  periklanan,    biaya  personal   selling   dan  biaya  promosi   penjualan mempunyai   pengaruh   yang  significant terhadap   volume  penjualan   sepeda  motor honda  astrea  supra.   Secara  parsial   besamya   pengaruh   variabel   biaya  periklanan, biaya personal  selling  dan biaya  promosi  penjualan  dapat dibuktikan   dari hasil  uji-t  yaitu   variabel   periklanan 0,7028 dengan   tingkat   significant 0,004, variabel personal    selling 3,401 dengan    tingkat    significant      0,008,    variabel    promosi penjualan  5,777   dengan  tingkat  significant 0,005  dan hasil  t-hitung pada  masing-masing  variabel   independent   yang  lebih  besar  dari  t-tabel  yaitu  4,07   pada  level of significant   2,5%.  Hasil     ini    menunjukkan     bahwa     masing-masing       variabel independent berpengaruh   secara  parsial   terhadap  variabel   dependent.
Kesimpulan    dari  hasil   penelitian    dan  analisis    data  menunjukkan    bahwa UD.  Jaya  Abadi  Motor  Jember,  hendaknya   mempertahankan   kegiatan  promosinya dengan    harapan   volume   penjualan    sepeda   motor   honda   supra  akan  meningkat sehingga mempunyai dampak yang berkelanjutan terbadap tingkat keuntungan perusahaan.   Selain   itu  juga   diperlukan adanya keseimbangan    antara   kegiatan variabel-variabel    promosi   yang  dilakukan   oleh  UD.  Jaya  Abadi  Motor  Jember sehingga   diharapkan   dapat  meningkatkan   volume  penjualan   sepeda  motor  secara kontinyu. | en_US |