PENGARUH MEDIA ADVERTISING FACEBOOK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN TELUR ORGANIK SRIKANDI PADA CV. LARAS INTI AGRISATWA (Studi Kasus Periklanan melalui Facebook pada CV. Laras Inti Agrisatwa Jember)
Abstract
Persaingan bisnis saat ini semakin dinamis, kompleks, dan tidak pasti
sehingga memacu para pengelola perusahaan untuk dapat berpikir secara
kreatif, inovatif agar selalu memberikan diferensiasi, serta keunggulan bagi
perusahaannya dibandingkan dengan para pesaingnya. Salah
satuupayaadalahdenganmengembangkan promosi(periklanan) pemasaran yang
efektif terutama kepada para konsumen. Penelitianinibertujuanuntuk
mengetahui dan menganalisisPengaruh Media Advertising Terhadap keputusan
pembelian
Penelitian inimerupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan
klasifikasi penelitian berdasarkan tujuan, yaitu eksplanasi.Penelitian dilakukan
pada perusahaan CV. Laras Inti AgrisatwaJember.Pada penelitian ini populasinya
adalahkonsumenProduk Telur Organik Srikandi pada perusahaan CV. Laras Inti
Agrisatwasebanyak353 konsumen.Besarnya sampel yang dihitung berdasarkan
rumusSlovinsebesar 84 respondendenganteknik random sampling.Data
dianalisisdenganregresi.
Hasilpenelitianinimenunjukkanbahwaperiklananmelalui media
facebookberpengaruhterhadapkeputusanpembelian Hal
inididasarkanpadabesarnyanilaithitung = 15.166sedangkansignifikansi = 0.000< =
0,05dandf (n-2) = 82diperolehnilaittabel = 1.98932jadithitung>ttabelsehingga Ho
ditolakdan Ha diterimaberartiiklan facebookberpengaruhsecarasignifikan (nyata)
terhadapkeputusan pembelian.
Kesimpulandaripenelitianiniadalahperiklananmelalui media
facebookberpengaruhterhadapkeputusanpembelian.Artinyakeputuanpembeliansan
gatbergantungdariperiklanan, semakinbagus media
periklananmemungkinkanakansemakinmeningkatkeputusanpembeliannnya.