IMPLEMENTASI KOMUNIKASI PEMASARAN PADA JASA PEMBIAYAAN KREDIT PEMILIKAN RUMAH PT. BANK TABUNGAN NEGARA (PERSERO), TBK CABANG JEMBER
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi komunikasi pemasaran
pada jasa pembiayaan kredit pemilikan rumah PT. Bank Tabungan Negara (Persero),
Tbk Cabang Jember. Obyek dalam penelitian ini adalah PT. Bank Tabungan Negara
(Persero), Tbk Cabang Jember. Informan dalam penelitian ini adalah karyawan PT.
Bank Tabungan Negara (Persero), Tbk Cabang Jember dan beberapa debitur yang
besedia untuk dijadikan narasumber. Jenis penelitian ini menggunakan tipe penelitian
deskriptif dengan paradigma kualitatif. Alat analisis yang digunakan adalah analisis
domain dan analisis taksonomi. Analisis domain yaitu alat yang digunakan untuk
menganalisis gambaran-gambaran obyek penelitian secara umum sedangkan analisis
taksonomi yaitu analisis terhadap keseluruhan data yang terkumpul berdasarkan domain
yang telah ditetapkan.
Hasil penelitian menerangkan bahwa PT. Bank Tabungan Negara (Pesero), Tbk
Cabang Jember mengimplementasikan komunikasi pemasaran jasa pembiayaan kredit
pemilikan rumah melalui periklanan (advertising), promosi penjualan (sales promotion),
hubungan masyarakat (public relations), penjualan pribadi (personal selling), dan
pemasaran langsung (direct marketing). Media periklanan yang digunakan oleh Bank
Tabungan Negara Cabang Jember, yaitu surat kabar, radio, brosur, billboard, spanduk,
dan banner.
Bank Tabungan Negara Cabang Jember menggunakan promosi penjualan
sebagai alat untuk mengahadapi persaingan jasa pembiayaan kredit pemilikan rumah
yang dihadirkan oleh perbankan lain. Kegiatan hubungan masyarakat dilaksanakan oleh
Bank Tabungan Negara Cabang Jember untuk menjaga citra perusahaan dan untuk
ix
mempromosikan serta mengingatkan masyarakat akan jasa pembiayaan kredit pemilikan
rumah yang disediakan oleh Bank Tabungan Negara Cabang Jember.
Bank Tabungan Negara Cabang Jember juga melaksanakan kegiatan penjualan
pribadi yang diwujudkan melalui presentasi penjualan yang dilaksanakan oleh
marketing officer dan consumer loan service, serta melalui kegiatan pameran
perumahan atau BTN Property Expo. Kegiatan komunikasi pemasaran yang terakhir
adalah melaksanakan pemasaran langsung dengan menghadirkan portal BTN properti
yang berisi tentang listing perumahan dari developer yang sudah bekerjasama dengan
Bank Tabungan Negara.