• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Computer Science
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Computer Science
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM-BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV B MATA PELAJARAN PKn POKOK BAHASAN GLOBALISASI DI MIMA HIDAYATUL MUBTADI’IN JEMBER

    Thumbnail
    View/Open
    Dwi Nur Aini - 110210204037.pdf (5.367Mb)
    Date
    2015-12-01
    Author
    AINI, Dwi Nur
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Hasil yang diperoleh dari penelitian ini menunjukkan skor rata-rata aktivitas belajar siswa secara klasikal pada pra siklus yaitu dari 28.8 (kategori kurang aktif) pada siklus I menjadi 63.2 (kategori aktif). Dari siklus I, skor rata-rata aktivitas belajar siswa mengalami peningkatan yaitu dari 63.2 (kategori aktif ) pada Siklus II menjadi 73.6 (kategori aktif). Skor rata-rata hasil belajar siswa pada pra siklus yaitu dari 57.28 (kategori kurang) menjadi 74.56 (baik). Pada siklus II, skor rata-rata hasil belajar siswa mengalami peningkatan dari sikus I yaitu dari 74.56 (kategori baik) menjadi 80.48 (kategori sangat baik). Kesimpulan dalam penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran Problem-Based Learning (PBL) dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Saran yang berkaitan dengan penerapan model pembelajaran Problem-Based Learning (PBL) bagi guru kelas yaitu dapat dijadikan model pembelajaran alternatif untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Bagi pihak sekolah yaitu sebaiknya proses pembelajaran di kelas lebih diperhatikan dan media penunjang pembelajaran dipergunakan agar guru dapat meningkatkan mutu pendidikan. Bagi peneliti lain, perlu diadakan penelitian dan pengembangan mengenai model pembelajaran Problem-Based Learning (PBL) agar tujuan pembelajaran dapat tercapai secara maksimal.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/65475
    Collections
    • UT-Faculty of Computer Science [1055]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository