PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM-BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV B MATA PELAJARAN PKn POKOK BAHASAN GLOBALISASI DI MIMA HIDAYATUL MUBTADI’IN JEMBER
Abstract
Hasil yang diperoleh dari penelitian ini menunjukkan skor rata-rata aktivitas
belajar siswa secara klasikal pada pra siklus yaitu dari 28.8 (kategori kurang aktif)
pada siklus I menjadi 63.2 (kategori aktif). Dari siklus I, skor rata-rata aktivitas
belajar siswa mengalami peningkatan yaitu dari 63.2 (kategori aktif ) pada Siklus II
menjadi 73.6 (kategori aktif). Skor rata-rata hasil belajar siswa pada pra siklus yaitu
dari 57.28 (kategori kurang) menjadi 74.56 (baik). Pada siklus II, skor rata-rata hasil
belajar siswa mengalami peningkatan dari sikus I yaitu dari 74.56 (kategori baik)
menjadi 80.48 (kategori sangat baik). Kesimpulan dalam penelitian ini adalah
penerapan model pembelajaran Problem-Based Learning (PBL) dapat meningkatkan
aktivitas dan hasil belajar siswa.
Saran yang berkaitan dengan penerapan model pembelajaran Problem-Based
Learning (PBL) bagi guru kelas yaitu dapat dijadikan model pembelajaran alternatif
untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Bagi pihak sekolah yaitu
sebaiknya proses pembelajaran di kelas lebih diperhatikan dan media penunjang
pembelajaran dipergunakan agar guru dapat meningkatkan mutu pendidikan. Bagi
peneliti lain, perlu diadakan penelitian dan pengembangan mengenai model
pembelajaran Problem-Based Learning (PBL) agar tujuan pembelajaran dapat
tercapai secara maksimal.