MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN NARASI DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA KARTU BERCERITA PADA SISWA KELAS III SDN MANGLI 01 JEMBER TAHUN PELAJARAN 2010/2011
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) mendeskrisikan proses penerapan
media kartu bercerita yang dapat meningkatkan kemampuan menulis karangan narasi
siswa kelas III SDN Mangli 01 Jember; dan (2) mendeskripsikan hasil belajar
menulis karangan narasi siswa kelas III SDN Mangli 01 Jember setelah digunakan
media kartu bercerita.
Rancangan penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas
(PTK). Penelitian ini dilakukan di SDN Mangli 01 Jember dan diikuti oleh seluruh
siswa kelas IIIB sebanyak 32 siswa. Penelitian ini dilakukan dua siklus, masingmasing
dilaksanakan dalam satu kali pertemuan dan dilakukan secara kolaboratif
antara guru dan peneliti. Analisis data yang digunakan adalah analisis data deskriptif
kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah guru kelas dan siswa kelas IIIB
SDN Mangli 01 Jember.
Kemampuan menulis karangan narasi siswa dengan menggunakan media
kartu bercerita diketahui ada peningkatan pada setiap siklus. Dari jumlah siswa
sebanyak 32, pada tahap prasiklus terdapat 20 siswa yang tidak tuntas (62,5%) dan
yang tuntas hanya 12 siswa (37,5%). Pada siklus I terjadi peningkatan, siswa yang
tidak tuntas tinggal 15 siswa (47%), dan yang tuntas mencapai 17 siswa (53%). Pada
siklus I belum mencapai standar ketuntasan secara klasikal. Setelah diterapkan siklus
II, maka hasil belajar siswa meningkat. Siswa yang tuntas sudah mencapai 26 siswa
(81%), dan yang tidak tuntas tinggal 6 siswa (19%) dan dinyatakan tuntas secara
klasikal.