• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN NARASI DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA KARTU BERCERITA PADA SISWA KELAS III SDN MANGLI 01 JEMBER TAHUN PELAJARAN 2010/2011

    Thumbnail
    View/Open
    Nur Kasri.pdf (149.6Kb)
    Date
    2013-12-09
    Author
    Nur Kasri
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) mendeskrisikan proses penerapan media kartu bercerita yang dapat meningkatkan kemampuan menulis karangan narasi siswa kelas III SDN Mangli 01 Jember; dan (2) mendeskripsikan hasil belajar menulis karangan narasi siswa kelas III SDN Mangli 01 Jember setelah digunakan media kartu bercerita. Rancangan penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilakukan di SDN Mangli 01 Jember dan diikuti oleh seluruh siswa kelas IIIB sebanyak 32 siswa. Penelitian ini dilakukan dua siklus, masingmasing dilaksanakan dalam satu kali pertemuan dan dilakukan secara kolaboratif antara guru dan peneliti. Analisis data yang digunakan adalah analisis data deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah guru kelas dan siswa kelas IIIB SDN Mangli 01 Jember. Kemampuan menulis karangan narasi siswa dengan menggunakan media kartu bercerita diketahui ada peningkatan pada setiap siklus. Dari jumlah siswa sebanyak 32, pada tahap prasiklus terdapat 20 siswa yang tidak tuntas (62,5%) dan yang tuntas hanya 12 siswa (37,5%). Pada siklus I terjadi peningkatan, siswa yang tidak tuntas tinggal 15 siswa (47%), dan yang tuntas mencapai 17 siswa (53%). Pada siklus I belum mencapai standar ketuntasan secara klasikal. Setelah diterapkan siklus II, maka hasil belajar siswa meningkat. Siswa yang tuntas sudah mencapai 26 siswa (81%), dan yang tidak tuntas tinggal 6 siswa (19%) dan dinyatakan tuntas secara klasikal.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/6530
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15461]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository