Show simple item record

dc.contributor.authorSiska Rahayu
dc.contributor.authorHobri
dc.contributor.authorArika Indah K
dc.date.accessioned2015-10-07T01:39:54Z
dc.date.available2015-10-07T01:39:54Z
dc.date.issued2015
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/64089
dc.description.abstractModel pembelajaran berbasis masalah atau dikenal dengan Problem Based Learning (PBL) selalu menyajikan masalah dalam kehidupan nyata atau sebenarnya, model pembelajaran ini membawa siswa dalam proses menemukan dan juga menyelidiki. Adapun langkah – langkah dalam model pembelajaran ini adalah mengarahkan siswa kepada masalah, mengorganisasi siswa untuk belajar, membantu independent dan group investigation, mengembangkan dan mempresentasikan artifact dan exhibits, serta menganalisa dan mengevaluasi proses pemecahan masalah. penelitian ini menggunakan dua siklus, yang masing- masing terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi dan relfleksi. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Rancangan penelitian mengadaptasi model penelitian tindakan Hopkins, yang setiap siklusnya terdiri dari empat fase atau tahap, yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi kemudian diikuti siklus berikutnya. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes, observasi, dokumentasi, dan wawancara. Persentase kreativitas siswa pada pembelajaran 1sampai pembelajaran 4 adalah 71,7%, 80,9%, 84,7% and 70,8%Persentase ketuntasan belajar siswa secara klasikal pada siklus 1 mencapai 62%, 8 siswa yang tidak tuntas, sedangkan pada siklus 2 persentase ketuntasan belajar siswa secara klasikal mencapai 76,1%,  5 siswa yang tidak tuntas.en_US
dc.publisherUNEJen_US
dc.subjectProblem Berbasis Masalahen_US
dc.subjectKetuntasanen_US
dc.subjectkreativitasen_US
dc.titlePenerepan Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Kreativitas Dan Ketuntasan Hasil Belajaren_US
dc.typeArticleen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

  • SRA-Education [1352]
    Koleksi Artikel Hasil Penelitian Mahasiswa S1 Bidang Pendidikan (FKIP)

Show simple item record