• Login
    View Item 
    •   Home
    • STUDENT RESEARCH ARTICLE (Artikel Penelitian Mahasiswa)
    • SRA-Education
    • View Item
    •   Home
    • STUDENT RESEARCH ARTICLE (Artikel Penelitian Mahasiswa)
    • SRA-Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Penerepan Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Kreativitas Dan Ketuntasan Hasil Belajar

    Thumbnail
    View/Open
    SISKA RAHAYU.pdf (340.1Kb)
    Date
    2015
    Author
    Siska Rahayu
    Hobri
    Arika Indah K
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Model pembelajaran berbasis masalah atau dikenal dengan Problem Based Learning (PBL) selalu menyajikan masalah dalam kehidupan nyata atau sebenarnya, model pembelajaran ini membawa siswa dalam proses menemukan dan juga menyelidiki. Adapun langkah – langkah dalam model pembelajaran ini adalah mengarahkan siswa kepada masalah, mengorganisasi siswa untuk belajar, membantu independent dan group investigation, mengembangkan dan mempresentasikan artifact dan exhibits, serta menganalisa dan mengevaluasi proses pemecahan masalah. penelitian ini menggunakan dua siklus, yang masing- masing terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi dan relfleksi. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Rancangan penelitian mengadaptasi model penelitian tindakan Hopkins, yang setiap siklusnya terdiri dari empat fase atau tahap, yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi kemudian diikuti siklus berikutnya. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes, observasi, dokumentasi, dan wawancara. Persentase kreativitas siswa pada pembelajaran 1sampai pembelajaran 4 adalah 71,7%, 80,9%, 84,7% and 70,8%Persentase ketuntasan belajar siswa secara klasikal pada siklus 1 mencapai 62%, 8 siswa yang tidak tuntas, sedangkan pada siklus 2 persentase ketuntasan belajar siswa secara klasikal mencapai 76,1%,  5 siswa yang tidak tuntas.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/64089
    Collections
    • SRA-Education [1352]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository