Show simple item record

dc.contributor.authorSUMARNO,
dc.contributor.authorSholihoddin,
dc.contributor.authorSumardi
dc.date.accessioned2015-10-07T00:54:40Z
dc.date.available2015-10-07T00:54:40Z
dc.date.issued2014
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/64082
dc.description.abstractPembelajaran kooperatif menjadi salah satu model pembelajaran yang selalu disarankan oleh hampir semua peneliti pedagogis. Tutor sebaya dapat membantu mengatasi masalah belajar yang dihadapi siswa. Belajar bersama teman sebaya menciptakan suasana yang lebih rileks dan tidak menegangkan . Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Januari - Maret 2014. Subjek penelitian ini adalah siswa XI IPS 2 yang berjumlah 20 siswa. Indikator dari penelitian ini adalah peningkatan aktivitas belajar dan hasil belajar. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data pada penelitian ini meliputi:  observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Sebelum tindakan aktivitas belajar siswa 48,7% dan hasil belajar siswa 55%. Pelaksanaan siklus I terjadi peningkatan aktivitas belajar siswa menjadi 61,3 dan hasil belajar siswa 75%. Pelaksanaan pembelajaran siklus II terjadi peningkatan aktivitas belajar siswa menjadi 72,4% dan hasil belajar siswa 80%. Dari diskripsi tersebut maka dapat diketahui bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tutor sebaya dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar di MA NU Islamiah Asembagus.en_US
dc.publisherUNEJen_US
dc.subjectTUTOR SEBAYAen_US
dc.subjectAKTIVITAS,en_US
dc.subjectHASIL BELAJARen_US
dc.titlePenerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tutor Sebaya Untukl Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Sejarah Siswa Kelas XI IPS 2 MA NU Islamiah Asembagus Situbondo Tahun Pelajaran 2013/2014en_US
dc.typeArticleen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

  • SRA-Education [1352]
    Koleksi Artikel Hasil Penelitian Mahasiswa S1 Bidang Pendidikan (FKIP)

Show simple item record