Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tutor Sebaya Untukl Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Sejarah Siswa Kelas XI IPS 2 MA NU Islamiah Asembagus Situbondo Tahun Pelajaran 2013/2014
Abstract
Pembelajaran kooperatif menjadi salah satu model pembelajaran yang selalu disarankan oleh hampir semua peneliti pedagogis. Tutor sebaya dapat membantu mengatasi masalah belajar yang dihadapi siswa. Belajar bersama teman sebaya menciptakan suasana yang lebih rileks dan tidak menegangkan . Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Januari - Maret 2014. Subjek penelitian ini adalah siswa XI IPS 2 yang berjumlah 20 siswa. Indikator dari penelitian ini adalah peningkatan aktivitas belajar dan hasil belajar. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data pada penelitian ini meliputi: observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Sebelum tindakan aktivitas belajar siswa 48,7% dan hasil belajar siswa 55%. Pelaksanaan siklus I terjadi peningkatan aktivitas belajar siswa menjadi 61,3 dan hasil belajar siswa 75%. Pelaksanaan pembelajaran siklus II terjadi peningkatan aktivitas belajar siswa menjadi 72,4% dan hasil belajar siswa 80%. Dari diskripsi tersebut maka dapat diketahui bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tutor sebaya dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar di MA NU Islamiah Asembagus.
Collections
- SRA-Education [1352]