Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar IPA (Fisika) dengan Model
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan aktivitas dan hasil belajar IPA (Fisika) dengan Model
Pembelajaran Inkuiri disertai LKS terbimbing pada siswa kelas 8A SMPN 10 Jember tahun ajaran 2014/2015. Jenis
penelitian ini adalah penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam tiga siklus. Teknik mengumpulkan data
adalah observasi, tes, wawancara, dokumentasi, dan portofolio. Teknik analisis data aktivitas menggunakan rumus
persentase dan peningkatan hasil belajar menggunakan rumus N
gain .
Kesimpulan hasil penelitian adalah penerapan
Model Pembelajaran Inkuiri disertai LKS terbimbing dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPA (Fisika) pada
siswa kelas 8A SMPN 10 Jember tahun ajaran 2014/2015, berturut-turut dari pra siklus ke siklus 1, pra siklus ke siklus
2, dan siklus 1 ke siklus 2 yaitu pada kriteria sedang, kriteria tinggi, dan kriteria sedang.
Collections
- SRA-Education [1352]