Perbandingan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT
Abstract
Penelitian  ini  adalah  penelitian  eksperimen  yang  bertujuan  membandingkan  hasil  belajar  siswa  pada  pembelajaran
kooperatif  tipe  NHT  antara  yang  disertai  peta  konsep  dan  NHT  yang  tidak  disertai  peta  konsep.  Penelitian  ini
menggunakan desain control group pre-test post-test . Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII di SMP Negeri
1  Umbulsari.  Sampel dari  penelitian  ini  adalah  kelas  VIIID  dengan  36  siswa  sebagai  kelas  eksperimen yang  diajar
menggunakan NHT yang disertai peta konsep dan 36 siswa kelas VIIIC sebagai kelas kontrol yang diajaar menggunakan
NHT  yang  tidak  disertai  peta  konsep.  Analisis  data  dalam  penelitian  ini  menggunakan  independent  sample  t-test.
Berdasarkan hasil analisis dalam penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa tidak ada perbedaan hasil belajar antara kelas
eksperimen dan kelas kontrol.
Collections
- SRA-Education [1352]
