dc.description.abstract | Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kemampuan komunikasi matematis siswa kelas VII C SMP Negeri 1 Rogojampi baik secara tulisan maupun secara lisan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan antara lain observasi, tes, dan wawancara. Subjek penelitian adalah 3 siswa kelas VII C SMP Negeri 1 Rogojampi yang memiliki kemampuan komunikasi matematis baik, cukup baik dan kurang baik yang telah diperkirakan oleh guru. Dalam penelitian ini analisis data yang dilakukan menggunakan analisis deskriptif. Data yang dianalisis pada penelitian ini antara lain hasil observasi tentang jawaban subjek terhadap soal latihan, jawaban subjek terhadap soal tes, dan hasil wawancara yang dilakukan oleh peneliti terhadap subjek penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan komunikasi matematis secara tulisan subjek penelitian sesuai dengan perkiraan guru matematika di kelas tersebut, yaitu siswa dengan kemampuan komunikasi matematis baik (S1) dikategorikan pada level 3 (baik), siswa dengan kemampuan komunikasi matematis cukup baik (S2) dikategorikan pada level 2 (cukup baik), dan siswa dengan kemampuan komunikasi matematis kurang baik (S3) dikategorikan pada level 1 (kurang baik), sedangkan kemampuan komunikasi matematis secara lisan S1 dikategorikan pada level 4 (sangat baik), S2 dikategorikan pada level 4 (sangat baik), dan S3 dikategorikan pada level 2 (cukup baik), hal tersebut menunjukkan bahwa kemampuan komunikasi matematis ketiga subjek secara lisan dikategorikan pada level yang lebih tinggi dibandingkan dengan level kemampuan komunikasi matematis ketiga subjek secara tulisan. | en_US |