• Login
    View Item 
    •   Home
    • STUDENT RESEARCH ARTICLE (Artikel Penelitian Mahasiswa)
    • SRA-Education
    • View Item
    •   Home
    • STUDENT RESEARCH ARTICLE (Artikel Penelitian Mahasiswa)
    • SRA-Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kelas VII C SMP Negeri 1 Rogojampi Tahun Pelajaran 2014/2015

    Thumbnail
    View/Open
    RIZKA NURUL KURNIA.pdf (262.6Kb)
    Date
    2015
    Author
    Rizka Nurul Kurnia
    Susi Setiawani
    Arika Indah Kristiana
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kemampuan komunikasi matematis siswa kelas VII C SMP Negeri 1 Rogojampi baik secara tulisan maupun secara lisan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan antara lain observasi, tes, dan wawancara. Subjek penelitian adalah 3 siswa kelas VII C SMP Negeri 1 Rogojampi yang memiliki kemampuan komunikasi matematis baik, cukup baik dan kurang baik yang telah diperkirakan oleh guru. Dalam penelitian ini analisis data yang dilakukan menggunakan analisis deskriptif. Data yang dianalisis pada penelitian ini antara lain hasil observasi tentang jawaban subjek terhadap soal latihan, jawaban subjek terhadap soal tes, dan hasil wawancara yang dilakukan oleh peneliti terhadap subjek penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan komunikasi matematis secara tulisan subjek penelitian sesuai dengan perkiraan guru matematika di kelas tersebut, yaitu siswa dengan kemampuan komunikasi matematis baik (S1) dikategorikan pada level 3 (baik), siswa dengan kemampuan komunikasi matematis cukup baik (S2) dikategorikan pada level 2 (cukup baik), dan siswa dengan kemampuan komunikasi matematis kurang baik (S3) dikategorikan pada level 1 (kurang baik), sedangkan kemampuan komunikasi matematis secara lisan S1 dikategorikan pada level 4 (sangat baik), S2 dikategorikan pada level 4 (sangat baik), dan S3 dikategorikan pada level 2 (cukup baik), hal tersebut menunjukkan bahwa kemampuan komunikasi matematis ketiga subjek secara lisan dikategorikan pada level yang lebih tinggi dibandingkan dengan level kemampuan komunikasi matematis ketiga subjek secara tulisan.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/64048
    Collections
    • SRA-Education [1352]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository