MODEL PEMBELAJARAN FREE INQUIRY (INKUIRI BEBAS) DALAM PEMBELAJARAN MULTIREPRESENTASI FISIKA DI MAN 2 JEMBER
View/ Open
Date
2014Author
Meylinda Putri, Anggarita
Ketut Mahardika, I
Nuriman
Metadata
Show full item recordAbstract
Tujuan dari penelitian ini adalah: mengkaji adanya perbedaan yang signifikan kemampuan
representasi verbal, matematik, grafik, dan gambar antara kelas yang menggunakan model
free inquiry dan kelas kontrol. Mengkaji adanya perbedaan yang signifikan hasil belajar
antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Metode penelitian yang digunakan adalah
eksperimen murni dengan desain penelitian control group pre-test post-test. Analisis data
menggunakan uji-t. Hasil analisis diperoleh: tidak ada perbedaan yang signifikan kemampuan
verbal antara kelas eksperimen dan kelas kontrol, ada perbedaan yang signifikan kemampuan
matematik antara kelas eksperimen dan kelas kontrol, ada perbedaan yang signifikan
kemampuan grafik antara kelas eksperimen dan kelas kontrol, ada perbedaan yang signifikan
kemampuan gambar antara kelas eksperimen dan kelas kontrol, dan ada perbedaan yang
signifikan hasil belajar antara kelas eksperimen dan kelas kontrol.
Collections
- SRA-Education [1352]