MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MENULIS NARASI EKSPOSITORIS SISWA KELAS V SD NEGERI 5 GAMBIRONO MELALUI METODE DISKUSI MODEL JIGSAW TAHUN PELAJARAN 2012/2013
View/ Open
Date
2013Author
Zuhlia, Ma’rifatus
Satrijono, Hari
Mutiah, Arju
Metadata
Show full item recordAbstract
Menurut Hamalik (2001: 32) belajar bukan suatu tujuan tetapi merupakan proses untuk mencapai tujuan. Oleh karena itu,
proses pembelajaran sangat penting untuk mencapai tujuan pembelajaran. Mata pelajaran Bahasa Indonesia adalah mata
pelajaran yang wajib dajarkan di sekolah. Mata pelajaran ini mengajarkan tentang beberapa kemampuan berbahasa,
seperti mendengarkan, menulis, membaca dan membaca. Menulis adalah kemampuan untuk menyampaikan isi jiwa,
pengalaman, kepercayaan, pendapat dan khayalan dengan menggunakan bahasa tulis. Oleh karena itu, menulis adalah
aktivitas yang komplek dan membutuhkan pemikiran yang mendalam. berdasarkan observasi, diketahui bahwa nilai siswa
kelas V SDN 5 Gambirono rendah. Nilai rata-rata siswa kelas V SDN 5 Gambirono adalah 5,00. Hal tersebut disebabkan
karena penggunaan metode pembelajaran yang monoton. Oleh karena itu, permasalahan ini perlu diataasi. Cara yang
dipiih untuk mengatasi masalah ini adalah dengan menggunakan metode pembelajaran yang baru. Metode pembelajaran
yang dipilih adalah metode diskusi model Jigsaw.
Collections
- SRA-Education [1352]