dc.description.abstract | Penelitian ini dilakukan di SMA Rambipuji Jember. Dengan subjek penelitiannya siswa kelas X 5. Penelitian ini dilakukan
sebanyak 2 siklus. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan proses dan hasil belajar siswa kelas X 5 SMA Rambipuji
Jember, pada mata pelajaran sejarah melalui implementasi metode inquiri. Jenis penelitian yang digunakan adalah
Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, tes, dan documenter.
Dengan metode inquiri siswa diberikan kesempatan untuk menemukan sendiri pengetahuannya. Berdasarkan hasil
observasi dan tes hasil belajar siswa, dapat diketahui bahwa proses yang dilihat dari aktivitas siswa pada saat proses
inquiri dan pada waktu presentasi serta hasil belajar siswa telah mengalami meningkat pada setiap siklus. Hasil analisis
observasi aktivitas siswa pada saat proses inquri pada siklus I rata-rata aktivitas siswa 73,7% dan persentase klasikal
aktivitas siswa 75%, sedangkan pada siklus II rata-rata aktivitas siswa pada saat proses inquiri meningkat menjadi 77,2%
dan presentase klasikal aktivitas siswa 80,5%. Sedangkan rata-rata aktivitas siswa pada saat presentasi pada siklus I
70,6% dan mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 80%. Untuk hasil belajar siswa pada siklus I diperoleh ratarata
76,1% dan ketuntasan belajar siswa secara klasikal mencapai 77,7% sedangkan pada siklus II diperoleh rata-rata
81,9% dan ketuntasan belajar siswa secara klasikal 83,3%. Sedangkan karakter siswa pada siklus I 76,8% maningkat
pada siklus II menjadi 80,2%. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi metode inquiri dalam
pembelajaran sejarah dapat meningkatkan proses dan hasil belajar siswa pada siswa kelas X 5 SMA Rambipuji Jember. | en_US |