• Login
    View Item 
    •   Home
    • STUDENT RESEARCH ARTICLE (Artikel Penelitian Mahasiswa)
    • SRA-Education
    • View Item
    •   Home
    • STUDENT RESEARCH ARTICLE (Artikel Penelitian Mahasiswa)
    • SRA-Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    IMPLEMENTASI METODE INQUIRI UNTUK MENINGKATKAN PROSES DAN HASIL PEMBELAJARAN SEJARAH DI SMA RAMBIPUJI JEMBER KELAS X 5 2012/2013

    Thumbnail
    View/Open
    Ferirur Rahman.pdf (296.8Kb)
    Date
    2013
    Author
    Rahman, Ferirur
    Sumardi
    Handayani, Sri
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini dilakukan di SMA Rambipuji Jember. Dengan subjek penelitiannya siswa kelas X 5. Penelitian ini dilakukan sebanyak 2 siklus. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan proses dan hasil belajar siswa kelas X 5 SMA Rambipuji Jember, pada mata pelajaran sejarah melalui implementasi metode inquiri. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, tes, dan documenter. Dengan metode inquiri siswa diberikan kesempatan untuk menemukan sendiri pengetahuannya. Berdasarkan hasil observasi dan tes hasil belajar siswa, dapat diketahui bahwa proses yang dilihat dari aktivitas siswa pada saat proses inquiri dan pada waktu presentasi serta hasil belajar siswa telah mengalami meningkat pada setiap siklus. Hasil analisis observasi aktivitas siswa pada saat proses inquri pada siklus I rata-rata aktivitas siswa 73,7% dan persentase klasikal aktivitas siswa 75%, sedangkan pada siklus II rata-rata aktivitas siswa pada saat proses inquiri meningkat menjadi 77,2% dan presentase klasikal aktivitas siswa 80,5%. Sedangkan rata-rata aktivitas siswa pada saat presentasi pada siklus I 70,6% dan mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 80%. Untuk hasil belajar siswa pada siklus I diperoleh ratarata 76,1% dan ketuntasan belajar siswa secara klasikal mencapai 77,7% sedangkan pada siklus II diperoleh rata-rata 81,9% dan ketuntasan belajar siswa secara klasikal 83,3%. Sedangkan karakter siswa pada siklus I 76,8% maningkat pada siklus II menjadi 80,2%. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi metode inquiri dalam pembelajaran sejarah dapat meningkatkan proses dan hasil belajar siswa pada siswa kelas X 5 SMA Rambipuji Jember.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/63855
    Collections
    • SRA-Education [1352]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository