dc.description.abstract | CIRC merupakan suatu model pembelajaran kooperatif yang mengintegrasikan suatu bacaan secara menyeluruh
kemudian mengkomposisikannya menjadi bagian-bagian yang penting. Untuk mengatasi kelemahan model
pembelajaran ini, CIRC dikombinasikan dengan metode problem solving yang merupakan metode untuk
memecahkan permasalahan berdasarkan pengetahuan yang telah dimiliki. Peniliian ini adalah penelitan quasi dan
menggunakan dua kelas untuk sampel penelitian yaitu kelas kontrol dan eksperimen. Tujuan dari penelitian ini
adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran CIRC dengan metode problem solvingterhadap
keterampilan komunikasi lisan dan tertulis serta serta hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil analisis data, penerapan
model pembelajaran CIRC dengan metode problem solving memiliki dampak yang signifikan pada keterampilan
komunikasi lisan dan tertulis siswa (sig = 0.000). Penerapan model pembelajaran CIRC dengan metode problem
solvingtidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar(sig = 0,476) tetapi memiliki pengaruh yang
signifikan terhadap nilai afektif siswa (sig = 0.00) | en_US |