Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading
Abstract
CIRC merupakan suatu  model pembelajaran kooperatif yang mengintegrasikan suatu bacaan secara menyeluruh
kemudian mengkomposisikannya  menjadi  bagian-bagian yang  penting.  Untuk  mengatasi  kelemahan  model
pembelajaran  ini,  CIRC  dikombinasikan  dengan  metode  problem  solving  yang  merupakan  metode  untuk
memecahkan permasalahan berdasarkan pengetahuan yang telah dimiliki. Peniliian ini adalah penelitan quasi dan
menggunakan dua kelas untuk sampel penelitian yaitu kelas kontrol dan eksperimen.  Tujuan dari penelitian ini
adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran CIRC dengan metode  problem solvingterhadap
keterampilan komunikasi lisan dan tertulis serta serta hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil analisis data, penerapan
model pembelajaran CIRC dengan metode  problem solving memiliki dampak yang signifikan pada keterampilan
komunikasi lisan dan tertulis siswa (sig = 0.000). Penerapan model pembelajaran CIRC dengan metode  problem
solvingtidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar(sig = 0,476) tetapi memiliki pengaruh yang
signifikan terhadap nilai afektif siswa (sig = 0.00)
Collections
- SRA-Education [1352]
