dc.description.abstract | Perangkat pembelajaran merupakan komponen yang penting dalam pembelajaran bahasa Indonesia , di samping itu
materi ajar dan media pembelajaran sangat diperlukan untuk penunjang pemahaman belajar siswa. Penelitian
pengembangan ini bertujuan mengorganisasikan isi/materi ajar dan memproduksi media pembelajaran yang sesuai
dengan materi ajar keterampilan berbicara bahasa Indonesia untuk kelas III SD. Model pengembangan mengacu
pada model pengembangan 4-D Thiagarajan, Semmel, dan Semmel yang terdiri dari tahap : 1) pendefinisian
(define), 2) perancangan (design), 3) pengembangan (develop), dan 4) penyebaran (disseminate). Hasil
pengembangan berupa materi ajar dan media pembelajaran yang valid , praktis, dan efektif. Materi ajar yang valid,
praktis dan efektif menunjukkan bahwa perangkat layak dan mudah digunakan yang terbukti dari persentase
aktivitas guru selama enam kali pertemuan yaitu mencapai 90%, 90%, 91,41, 91,41, 92,85%, 92,85%. Dan hasil
persentase aktivitas belajar siswa dalam 6 kali pertemuan mencapai 81,53%, 81,92%, 83,45%, 84,99%, 85,76%,
dan 86,91%. Serta persentase respon positif siswa terhadap perangkat pembelajaran dan proses pembelajaran yaitu
> 80%. Data tersebut menunjukkan bahwa Pengembangan Perangkat: Materi Ajar dan Media Pembelajaran
Keterampilan Berbicara Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas III SDN Kemuningsari Kidul 02 Jenggawah
mencapai tujuan pembelajaran | en_US |