PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN: MATERI AJAR
View/
Date
2015Author
Pramita Dian Anggraeni
Suhartiningsih
Hari Satrijono
Metadata
Show full item recordAbstract
Perangkat pembelajaran merupakan komponen yang penting dalam pembelajaran bahasa Indonesia , di samping itu
materi ajar dan  media pembelajaran  sangat diperlukan  untuk  penunjang  pemahaman belajar  siswa. Penelitian
pengembangan ini bertujuan mengorganisasikan isi/materi ajar dan memproduksi media pembelajaran yang sesuai
dengan materi ajar keterampilan berbicara bahasa Indonesia untuk kelas III SD. Model pengembangan mengacu
pada model pengembangan 4-D Thiagarajan, Semmel, dan Semmel yang terdiri dari tahap  : 1)   pendefinisian
(define),  2)  perancangan  (design),  3)  pengembangan  (develop),  dan  4)  penyebaran  (disseminate).  Hasil
pengembangan berupa materi ajar dan media pembelajaran yang valid , praktis, dan efektif.  Materi ajar yang valid,
praktis dan  efektif menunjukkan  bahwa perangkat layak dan mudah digunakan  yang terbukti dari persentase
aktivitas guru selama enam kali pertemuan yaitu mencapai  90%, 90%, 91,41, 91,41, 92,85%, 92,85%. Dan hasil
persentase aktivitas belajar siswa dalam 6 kali pertemuan mencapai 81,53%, 81,92%, 83,45%, 84,99%, 85,76%,
dan 86,91%. Serta persentase respon positif siswa terhadap perangkat pembelajaran dan proses pembelajaran yaitu
>  80%.  Data  tersebut  menunjukkan   bahwa  Pengembangan  Perangkat:  Materi  Ajar  dan  Media  Pembelajaran
Keterampilan Berbicara Mata Pelajaran Bahasa Indonesia   Kelas III SDN Kemuningsari Kidul 02 Jenggawah
mencapai tujuan pembelajaran
Collections
- SRA-Education [1352]
