• Login
    View Item 
    •   Home
    • STUDENT RESEARCH ARTICLE (Artikel Penelitian Mahasiswa)
    • SRA-Education
    • View Item
    •   Home
    • STUDENT RESEARCH ARTICLE (Artikel Penelitian Mahasiswa)
    • SRA-Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENERAPAN METODE GUIDED READING

    Thumbnail
    View/Open
    NUR MAULIDHAH OKTAVIYANTI.pdf (283.1Kb)
    Date
    2015
    Author
    OKTAVIYANTI, Nur Maulidhah
    MUTI'AH, Arju
    WIDAYANTI, Endang Sri
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Pembelajaran membaca sangat penting diterapkan sejak dini di sekolah. Berdasarkan hasil wawancara dengan guru bahasa, sebenarnya sebagian siswa sudah mampu membaca, namun siswa belum dapat memahami isi dari suatu bacaan. Hasil wawancara tersebut diperkuat dengan hasil observasi yang dilakukan di kelas VII-A. Berdasarkan observasi, dapat diketahui (1) siswa terlalu singkat dalam menjawab pertanyaan yang membutuhkan penalaran, (2) siswa sulit untuk menyampaikan pemahaman mengenai isi bacaan pada saat menjawab pertanyaan yang telah diberikan, (3) siswa sulit untuk menyimpulkan isi bacaan dan menceritakan kembali isi cerita. Tingkat kemampuan membaca pemahaman siswa kelas VII-A SMP Negeri 1 Maesan tergolong rendah. Hal ini dapat diketahui dari hasil tugas membaca cerita anak yang berjudul “Kolibri yang Pelupa” memperoleh nilai rata-rata 55.00 dan nilai terendah yang diperoleh siswa adalah 25,00. Untuk menangani masalah tersebut, maka dipilih metode guided reading. Metode guided reading merupakan metode membaca pemahaman bersama siswa dan melibatkan bimbingan guru untuk memprediksikan isi dari tahap-tahap bagian cerita selanjutnya dan mendiskusikan seputar isi cerita. Metode guided reading digunakan untuk meningkatkan kemampuan siswa kelas VII-A SMP Negeri 1 Maesan dalam membaca pemahaman cerita anak. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah PTK (Penelitian Tindakan Kelas) yang terdiri atas dua siklus. Setiap siklus terdiri atas empat tahap, yaitu: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan tindakan, (3) observasi , dan (4) refleksi. Metode yang digunakan untuk memperoleh data yakni wawancara, observasi, tes dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan siswa dalam membaca pemahaman cerita anak meningkat dari siklus I ke siklus II. Hal tersebut ditunjukkan dengan adanya peningkatan hasil belajar secara klasikal dari 66,30 menjadi 74,34 pada siklus II. Jumlah siswa yang dapat mencapai KKM pada siklus I sebanyak 52,17% atau sebanyak 12 siswa. Pada siklus II, jumlah siswa yang dapat mencapai KKM sebanyak 78.26% atau sebanyak 18 siswa. Berdasarkan hasil yang diperoleh maka dapat disimpulkan bahwa penerapan metode guided reading dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam membaca pemahaman cerita anak
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/63707
    Collections
    • SRA-Education [1352]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository