Show simple item record

dc.contributor.authorKURNIA, Novia Ragil
dc.contributor.authorBELTIARSO, Singgih
dc.contributor.authorAGUSTININGSIH
dc.date.accessioned2015-10-01T00:58:32Z
dc.date.available2015-10-01T00:58:32Z
dc.date.issued2015
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/63694
dc.description.abstractHasil observasi pembelajaran IPA di kelas SD Negeri Kunir Lor 01 Lumajang  masih berpusat pada guru (teacher centered). Dampak dari kondisi ini adalah rendahnya aktivitas dalam proses pembelajaran di kelas yang tentunya dapat berdampak pada rendahnya hasil belajar siswa. Untuk mengatasi permasalahan dipilih model pembelajaran kooperatif tipe TAI. Subjek penelitian ini adalah siswa VB dengan jumlah 36 siswa yang terdiri dari 20 siswa laki-laki dan 16 siswa perempuan. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) model Hopkins. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe team assisted individualization (TAI) pada pokok bahasan sifat-sifat cahaya memiliki beberapa kelebihan dan kelemahan. Terdapat peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa. Peningkatan ditunjukkan pada aktivitas belajar siswa secara klasikal pada siklus I sebesar 75% dan pada siklus II naik menjadi 85%. Hasil belajar rata-rata siswa pada siklus I sebesar 73,33 pada siklus II naik menjadi 82,33. Berdasarkan analisis data hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan Model Pembelajaran tipe TAI dalam mata pelajaran IPA dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas VB di SDN Kunir Lor 01 Lumajang.en_US
dc.publisherUNEJen_US
dc.subjectPEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TAIen_US
dc.subjectAKTIVITAS BELAJAR SISWAen_US
dc.subjectHASIL BELAJAR SISWAen_US
dc.titlePeningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Pokok Bahasan Sifat-Sifat Cahaya Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI) Siswa Kelas VB SD Negeri Kunir Lor 01 Lumajang Tahun Ajaran 2014-2015en_US
dc.typeArticleen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

  • SRA-Education [1352]
    Koleksi Artikel Hasil Penelitian Mahasiswa S1 Bidang Pendidikan (FKIP)

Show simple item record