Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Pokok Bahasan Sifat-Sifat Cahaya Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI) Siswa Kelas VB SD Negeri Kunir Lor 01 Lumajang Tahun Ajaran 2014-2015
View/ Open
Date
2015Author
KURNIA, Novia Ragil
BELTIARSO, Singgih
AGUSTININGSIH
Metadata
Show full item recordAbstract
Hasil observasi pembelajaran IPA di kelas SD Negeri Kunir Lor 01 Lumajang masih berpusat pada guru (teacher centered). Dampak dari kondisi ini adalah rendahnya aktivitas dalam proses pembelajaran di kelas yang tentunya dapat berdampak pada rendahnya hasil belajar siswa. Untuk mengatasi permasalahan dipilih model pembelajaran kooperatif tipe TAI. Subjek penelitian ini adalah siswa VB dengan jumlah 36 siswa yang terdiri dari 20 siswa laki-laki dan 16 siswa perempuan. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) model Hopkins. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe team assisted individualization (TAI) pada pokok bahasan sifat-sifat cahaya memiliki beberapa kelebihan dan kelemahan. Terdapat peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa. Peningkatan ditunjukkan pada aktivitas belajar siswa secara klasikal pada siklus I sebesar 75% dan pada siklus II naik menjadi 85%. Hasil belajar rata-rata siswa pada siklus I sebesar 73,33 pada siklus II naik menjadi 82,33. Berdasarkan analisis data hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan Model Pembelajaran tipe TAI dalam mata pelajaran IPA dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas VB di SDN Kunir Lor 01 Lumajang.
Collections
- SRA-Education [1352]