Penerapan Model Pembelajaran Learning Cycle 5e disertai Kartu Link and Match untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Biologi (Pokok Bahasan Ekologi Siswa Kelas X3 SMAN Rambipuji Jember Tahun Pelajaran 2014/2015)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dengan menerapkan model pembelajaran
learning cycle 5E disertai kartu link and match pada pelajaran biologi siswa kelas X3 SMAN Rambipuji Jember tahun
pelajaran 2014/2015. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan sebanyak 2 siklus,
masing-masing siklus terdiri dari satu kali pertemuan sebanyak 3 JP dan dilanjutkan tes hasil belajar diakhir tiap siklus.
Metode pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dokumentasi, dan metode tes. Desain penelitian
ini menggunakan model siklus Hopkins. Hasil penelitian menunjukkan bahwa t erdapat peningkatan aktivitas belajar
Biologi. Rata- rata aktivitas belajar siswa prasiklus sebesar 41,65 ± 11,73, siklus I sebesar 78,13 ± 14,59 dan siklus II
sebesar 87,50 ± 11,94. Peningkatan aktivitas belajar siswa dari prasiklus ke siklus I sebesar 62,50%, sedangkan
peningkatan aktivitas belajar siswa dari siklus I ke siklus II sebesar 31,25%. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa
terdapat peningkatan hasil belajar Biologi siswa. Persentase ketuntasan hasil belajar kognitif prasiklus sebesar 3,13%,
meningkat menjadi 75% pada siklus I, sedangkan persentase ketuntasan hasil belajar kognitif siklus II meningkat menjadi
81,25%. Rata-rata kelas hasil belajar afektif siklus I sebesar 78,65 ±15,87 meningkat menjadi 783,34 ±14,99 pada siklus
II.
Collections
- SRA-Education [1352]