Penerapan Model Pembelajaran Learning Cycle 5e disertai Kartu Link and Match untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Biologi (Pokok Bahasan Ekologi Siswa Kelas X3 SMAN Rambipuji Jember Tahun Pelajaran 2014/2015)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk  meningkatkan aktivitas  dan hasil  belajar siswa dengan menerapkan model pembelajaran
learning cycle  5E disertai kartu  link and match  pada pelajaran biologi siswa kelas X3 SMAN Rambipuji Jember tahun
pelajaran 2014/2015. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan sebanyak 2 siklus,
masing-masing siklus terdiri dari satu kali pertemuan sebanyak 3 JP dan dilanjutkan tes hasil belajar diakhir tiap siklus.
Metode pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dokumentasi, dan metode tes. Desain penelitian
ini  menggunakan  model  siklus  Hopkins.  Hasil  penelitian  menunjukkan  bahwa  t erdapat  peningkatan  aktivitas  belajar
Biologi. Rata- rata  aktivitas belajar siswa  prasiklus  sebesar  41,65 ± 11,73, siklus I sebesar 78,13 ± 14,59  dan siklus II
sebesar  87,50  ±  11,94.  Peningkatan  aktivitas  belajar  siswa  dari  prasiklus  ke  siklus  I  sebesar  62,50%,  sedangkan
peningkatan aktivitas belajar siswa dari siklus I ke siklus II sebesar 31,25%.  Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa
terdapat  peningkatan hasil belajar  Biologi siswa. Persentase ketuntasan hasil belajar kognitif prasiklus sebesar 3,13%,
meningkat menjadi 75% pada siklus I, sedangkan persentase ketuntasan hasil belajar kognitif siklus II meningkat menjadi
81,25%. Rata-rata kelas hasil belajar afektif siklus I sebesar  78,65 ±15,87 meningkat menjadi 783,34 ±14,99 pada siklus
II.
Collections
- SRA-Education [1352]
