dc.description.abstract | Penelitian ini dilaksanakan di kelas V SDN Jember Lor 02. Penelitian ini secara umum bertujuan untuk menyelesaikan tugas akhir, dan secara khusus bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dalam kemampuan menyimak cerita yang menggunakan media audio visual. Hal ini dikarenakan terdapat permasalahan bahwa aktivitas dan hasil belajar menyimak cerita siswa masih rendah, sehingga diperlukan suatu media pembelajaran. Media pembelajaran ini adalah media audio visual. Penggunaan media audio visual dapat merangsang siswa untuk semangat belajar dan membuat siswa fokus untuk menyimak cerita. Media audio visual berfungsi sebagai alat untuk memudahkan siswa dalam menentukan unsur-unsur intrinsik cerita yang didengarnya. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian terdiri atas 40 siswa. Pengumpulan data penelitian menggunakan metode observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Pelaksanaan penelitian dengan menggunakan media audio visual adalah sebanyak dua siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar menyimak cerita siswa kelas V SDN Jember Lor 02 meningkat. Peningkatan setelah dilakukan pembelajaran dengan menerapkan media audio visual dapat diketahui dari perbandingan skor hasil belajar menyimak cerita prasiklus, siklus I, dan siklus II. Pada tahap prasiklus terdapat 3 siswa dengan kategori sangat baik (7,5%). Setelah dilakukan tindakan pada siklus I, terdapat 10 siswa dengan kategori sangat baik (25%). Hasil belajar keterampilan menyimak cerita setelah dilakukan siklus II, terdapat 25 siswa dengan kategori sangat baik (62,5%). Jadi, dapat disimpulkan bahwa penerapan media audio visual dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar menyimak cerita siswa kelas V SDN Jember Lor 02. | en_US |