• Login
    View Item 
    •   Home
    • STUDENT RESEARCH ARTICLE (Artikel Penelitian Mahasiswa)
    • SRA-Education
    • View Item
    •   Home
    • STUDENT RESEARCH ARTICLE (Artikel Penelitian Mahasiswa)
    • SRA-Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Kemampuan Menyimak Cerita dengan Menggunakan Media Audio Visual Pada Siswa Kelas V SDN Jember Lor 02 Tahun Pelajaran 2014/2015

    Thumbnail
    View/Open
    MUHAMMAD NUR KHOLIL.pdf (277.0Kb)
    Date
    2015
    Author
    Muh Nur Kholil
    Hari Satrijono
    Sihono
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini dilaksanakan di kelas V SDN Jember Lor 02. Penelitian ini secara umum bertujuan untuk menyelesaikan tugas akhir, dan secara khusus bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dalam kemampuan menyimak cerita yang menggunakan media audio visual. Hal ini dikarenakan terdapat permasalahan bahwa aktivitas dan hasil belajar menyimak cerita siswa masih rendah, sehingga diperlukan suatu media pembelajaran. Media pembelajaran ini adalah media audio visual. Penggunaan media audio visual dapat merangsang siswa untuk semangat belajar dan membuat siswa fokus untuk menyimak cerita. Media audio visual berfungsi sebagai alat untuk  memudahkan siswa dalam menentukan unsur-unsur intrinsik cerita yang didengarnya. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian terdiri atas 40 siswa. Pengumpulan data penelitian menggunakan metode observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Pelaksanaan penelitian dengan menggunakan media audio visual adalah sebanyak dua siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar menyimak cerita siswa kelas V SDN Jember Lor 02 meningkat. Peningkatan setelah dilakukan pembelajaran dengan menerapkan media audio visual dapat diketahui dari perbandingan skor hasil belajar menyimak cerita prasiklus, siklus I, dan siklus II. Pada tahap prasiklus terdapat 3 siswa dengan kategori sangat baik  (7,5%). Setelah dilakukan tindakan pada siklus I, terdapat 10 siswa dengan kategori sangat baik (25%). Hasil belajar keterampilan menyimak cerita setelah dilakukan siklus II, terdapat 25 siswa dengan kategori sangat baik (62,5%). Jadi, dapat disimpulkan bahwa penerapan media audio visual dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar menyimak cerita siswa kelas V SDN Jember Lor 02.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/63659
    Collections
    • SRA-Education [1352]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository